2 Cara Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi Dengan Mudah

 177 total views

Cara Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi Dengan Mudah – Sebagian besar pengguna HP Xiaomi pasti pernah mengalami masalah dengan smartphone yang mereka gunakan, salah satu masalah besar yang sering dialami tidak lain adalah Bootloop. Ditambah lagi, jika usia ponsel sudah bertahun-tahun, risiko error yang bisa terjadi lebih besar karena beberapa komponen pada perangkat mulai melemah.

Bootloop sendiri merupakan salah satu kerusakan yang membuat ponsel tidak bisa digunakan, dimana saat perangkat dihidupkan macet di logo sehingga tidak bisa masuk ke antarmuka ponsel. Kondisi bootloop bisa terjadi di semua perangkat Android, termasuk Xiaomi. Meski terlihat seperti masalah serius, namun masih mungkin untuk memperbaiki bootloop dengan menyimak Cara Mudah Mengatasi Bootloop Xiaomi di bawah ini.

Apa Itu Bootloop?

Bootloop adalah masalah yang dapat menyebabkan perangkat Anda (ponsel atau komputer) tidak dapat masuk ke sistem. Umumnya akan dan berulang di tampilan logo saja. Masalah bootloop ini biasanya terjadi karena ada file sistem yang rusak di perangkat Anda. Sehingga ponsel atau komputer Anda tidak dapat berfungsi dengan normal.

Bootloop bisa terjadi di semua jenis perangkat. Itu artinya baik ponsel murah, hingga ponsel mahal di kelas flagship. Namun bagi anda yang mengalami bootloop, jangan khawatir. Karena Anda masih bisa mengatasi masalah bootloop ini dengan beberapa cara yang akan kami sebutkan nanti.

Untuk  masalah bootloop tidak diperbaiki, maka Anda tidak akan bisa menjalankan ponsel atau komputer Anda secara normal. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami bootloop sebaiknya segera mencari cara untuk memperbaikinya. Sehingga perangkat Anda dapat berfungsi seperti biasa lagi.

Related Post :   Rekomendasi HP Realme 2022 Terbaik

Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Xiaomi bootloop. Cara-cara tersebut memiliki kondisi masing-masing yang bisa disesuaikan dengan perangkat HP Xiaomi yang kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara mengatasi Hp Xiaomi yang mengalami bootloop.

Factory Reset

Factory reset ini hanya ditujukan untuk perangkat HP Xiaomi yang mengalami bootloop ringan. menggunakan perangkat HP Xiaomi yang menggunakan chipset Mediatek dan Snapdragon. digunakan untuk perangkat HP Xiaomi yang masih lock bootloader atau yang sudah unlock bootloader dan pastikan perangkat HP masih memiliki daya baterai lebih dari 50%.

Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan HP Xiaomi yang digunakan. Jika sudah mati, tekan kombinasi tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik untuk masuk ke recovery mode.

Jika ponsel sudah masuk recovery mode, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Wipe Data All”. Gunakan tombol volume untuk menavigasi opsi dan tombol daya untuk mengonfirmasi pilihan atau sebagai tombol OK. Kemudian pilih opsi Konfirmasi dan proses reset pabrik akan dimulai.

Tunggu hingga muncul tulisan “Data wipe Successfully” yang artinya proses factory reset di ponsel Anda telah berhasil. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Back to Main Menu kemudian reboot dengan memilih Reboot System, setelah itu ponsel akan otomatis restart. Jika hp xiaomi yang anda gunakan berhasil menyala dan masuk ke home screen berarti cara factory reset berhasil dan masalah bootloop xiaomi sudah teratasi.

Cara Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi Dengan Mudah – Menggunakan Mi Flashtool

Mi Flashtool ini hanya bisa digunakan untuk HP Xiaomi dengan chipset snapdragon. Dapat menangani semua jenis bootloop. Bisa digunakan untuk hp Xiaomi yang sudah unlock bootloader. Indikator baterai di atas 50%. Pastikan USB debugging pada ponsel dalam keadaan aktif.

Related Post :   Rekomendasi Tab Untuk Menggambar Mulai 2 Jutaan!

Siapkan kabel USB asli yang mendukung media MTP dan siapkan PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows. File yang harus disiapkan adalah file Mi Flash Tool, file Fastboot ROM. Driver USB android Xiaomi, pastikan sudah terinstall di perangkat PC.

Langkah-langkah File ROM fastboot yang sudah didownload perlu diekstrak terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke perangkat HP Xiaomi kemudian aktifkan mode fastboot dengan cara menekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan. Jika muncul logo fastboot, sambungkan perangkat HP Xiaomi ke PC atau laptop dengan kabel USB. Buka menu Device manager di PC atau laptop anda lalu jalankan aplikasi Mi Flashtool dengan membuka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash.

Pilih file exe dengan membukanya menggunakan Run as Administrator. Setelah itu klik pilih pada aplikasi Mi Flash lalu pilih file ROM fastboot yang sudah di ekstrak. Kemudian klik refresh dan akan muncul serial number dengan kombinasi angka dan huruf. Pilih opsi Clean All lalu klik flash untuk memulai flashing pada perangkat HP Xiaomi dan tunggu hingga muncul tulisan “Success” yang artinya proses flashing telah berhasil.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Hp Bootloop Xiaomi Dengan Mudah, semoga bermanfaat.