Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Daftar dan Cara Download Aplikasi Raport Digital (ARD) Offline

4 min read

Aplikasi Raport Digital

Kemajuan teknologi di bidang pendidikan, kini menyeluruh hampir ke segala aspek dan tingkatan, mulai dari PAUD, SD, hingga tingkat tinggi. Sistem penilaian online juga terus berjalan, termasuk pengembangan terbaru adanya Aplikasi Raport Digital yang berada di bawah naungan Kemenag. Namun, hanya dikhususkan bagi beberapa golongan pendidikan kategori madrasah.

Aplikasi ini tidak dapat diakses oleh pendidikan di luar Madrasah, meskipun tingkatan pendidikannya sama seperti pendidikan formal umum. Walaupun jenjangnya setara pendidikan umum, secara khusus Madrasah memiliki kriteria penilaian yang berbeda, karena menekankan pendidikan agama Islam secara lebih mendalam.

Beragam Aplikasi dan Cara Download Aplikasi Raport Digital

Kini, aplikasi tersebut telah bisa diakses oleh seluruh kalangan siswa untuk melihat nilai rapornya tanpa perlu mengunjungi sekolah. Terutama jika terdapat berbagai halangan yang menggagalkan perjalanan Anda menuju sekolah. Maraknya pendidikan online, kini lebih ditekankan untuk memudahkan para siswa belajar membuat sistem ARD yang menguntungkan.

Ada banyak cara untuk download aplikasi raport digital dari berbagai perangkat Anda, mulai dari laptop dan ponsel pintar. Jika Anda guru, maka Anda dapat memberikan penilaian dengan mudah dan fleksibel dari berbagai tempat dan waktu di saat sekolah sedang libur. Begitupun jika Anda merupakan para orang tua yang ingin memantau nilai sekolah anaknya hanya dari rumah saja.

1. Aplikasi Raport Digital dari Kemenag

Aplikasi ARD Kemenag
Aplikasi ARD Kemenag

Aplikasi raport digital kemenag atau yang disingkat ARD ini, berupaya agar kinerja pendidikan agama di bawah Kemenag memenuhi target dan harapan publik. Secara umum, Kemenag memiliki situs yang bisa diakses oleh semua pihak berkepentingan di bidang pendidikan madrasah. Untuk mengakses aplikasi tersebut, maka Anda harus mengunjungi situs Sirkuma di bawah Kemenag.

Tingkatan yang tidak memiliki sarana untuk login secara online, diharuskan untuk mengaksesnya secara offline. Sedangkan, tingkat pendidikan dengan akses online dapat langsung mengunjungi laman ARD Rumahku di situs Kemenag di atas. Akses offline harus dilakukan di server setiap sekolah yang terhubung dengan pusat server Kemenag.

2. Aplikasi Raport Digital Raudhatul Athfal (RA)

Aplikasi ARD RA
Aplikasi ARD RA

Kemenag menyediakan teknologi canggih di tingkat PAUD berupa produk aplikasi raport digital RA. Aplikasi ini telah diperbarui hingga versi 1.4 di tahun 2019 dengan sistem XAMPP. Aplikasi ini bisa juga disingkat sebagai ARDIRA. Aplikasi ini juga sudah bisa diakses oleh banyak sistem operasi, sehingga lebih mudah menggunakannya dari berbagai perangkat.

Selain diakses secara online, ARDIRA juga dapat diunduh dan dimanfaatkan secara offline, terutama pada tingkat PAUD. Anda bisa mengaksesnya lewat dua cara, sehingga Anda bisa memilih salah satunya yang lebih mudah. Jika ingin mengaksesnya secara offline, maka aturlah jaringan server yang menghubungkan jaringan pusat lewat situs Kemenag langsung.

3. Aplikasi Raport Digital Madrasah Ibtidaiyah

Aplikasi ARD MI
Aplikasi ARD MI

Jenjang setara SD yakni MI yang berada di bawah naungan Kemenag dapat diakses melalui aplikasi raport digital madrasah secara offline. Beberapa langkah berikut sama dengan cara mengakses ARD di semua tingkat pendidikan. Namun, Anda harus mengunduh aplikasi sesuai masing-masing tingkatan yang berbeda sesuai yang dibutuhkan di tingkat dasar.

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu untuk membuat username dan password aplikasi dengan mengunjungi situs Kemenag di atas. Kemudian, Anda dapat mengunduh aplikasinya untuk dipasang dan diakses secara offline. Mengingat kini situs onlinenya pun sudah tersedia dan dihapuskan, sehingga Anda harus mengikuti berbagai panduan sesuai yang ditetapkan pusat.

Atau kami sediakan link download aplikasinya pada akhir pembahasan.

4. Aplikasi Raport Digital Madrasah Tsanawiyah

Aplikasi ARD MT
Aplikasi ARD MT

Akses aplikasi raport digital offline hanya dapat diakses, jika setiap perangkat untuk mengakses jaringan terhubung ke server pusat Kemenag. Unduhan aplikasi diperoleh lewat link ARD untuk jenjang MTs, yakni jenjang yang lebih tinggi dari tingkat dasar setara SMP. Semua situsnya bisa diakses oleh sekolah Tsanawiyah swasta maupun berstatus negeri.

Di tingkat Tsanawiyah, semua proses sistem pada aplikasinya memang sama dengan berbagai tingkat lainnya. Hanya saja terdapat beberapa fitur yang berbeda, sehingga buku pedoman online yang nantinya Anda baca pun berbeda sesuai tingkatan pendidikan. Buka situsnya, unduh dan buka sesuai panduan, agar Anda dapat mengakses fitur pentingnya.

Jika menginginkan aplikasinya secara offline maka kami sediakan link download aplikasinya pada akhir pembahasan.

5. Aplikasi Raport Digital Madrasah Aliyah

Aplikasi ARD MA
Aplikasi ARD MA

Anda dapat mendownload aplikasi raport digital Madrasah Aliyah atau yang setara SMA pada laman yang tertera di situs Kemenag seperti di awal poin. Unduh aplikasinya terlebih dahulu dan lalui proses validasi atau lewat link ARD untuk jenjang MA. Di tingkat ini, terdapat banyak fitur yang memudahkan para siswa dan pengajar untuk menilai berbagai bidang.

Hal itu juga berlaku untuk nilai ujian akhir sekolah para murid dan seluruh bidang di luar mata pelajaran formal. Selain pada link di atas, Anda bisa mendapatkannya melalui Email konfirmasi yang diperoleh saat melakukan registrasi pertama kali. Karena di situ, terdapat setiap link pada tiap tingkatan pendidikan Madrasah yang berbeda kecuali PAUD yang diakses secara online.

Apabila menginginkan ARD untuk MA secara offline maka kami sediakan linknya di akhir pembahasan.

6. Aplikasi Raport Digital untuk Diakses Guru

"<yoastmark

Setiap aplikasi bisa digunakan untuk para guru dan siswanya mengakses nilai raport secara offline. Mulai dari nilai harian, ujian akhir, nilai muatan lokal, ekstrakurikuler, sikap, dan banyak hal lainnya. Ikuti panduan sesuai dengan pedoman yang telah disediakan di web Kemenag yakni di link E-book ARD Madrasah Offline.

Pilih salah satu buku panduan sesuai dengan jenjang atau jabatan di setiap instansi pendidikan madrasah. Saat Anda menginstal aplikasi yang sudah terhubung dengan server pusat, maka secara otomatis dapat mengisi data tentang informasi sekolah. Terutama yang berkaitan dengan raport digital yang diakses oleh operator, guru, dan para siswa madrasah.

7. Aplikasi Raport Digital untuk Operator

"<yoastmark

Selain guru dan siswa, operator tiap sekolah Madrasah juga memiliki hak akses di situs atau aplikasi ARD dari seluruh tingkatan. Operator sekolah dapat memperbaiki semua sistem yang nantinya akan terjadi gangguan atau kerusakan. Operator dapat dihubungi ketika para murid atau guru tidak dapat mengakses akun atau melihat nilai mereka tiap mata pelajaran.

Sama seperti lainnya, operator juga memiliki panduan secara khusus untuk mengakses aplikasi tersebut. Caranya dengan melengkapi data di instansi Madrasah yang bersangkutan tempat operator bekerja. Operator juga mengisi seluruh bidang yang diperlukan untuk nantinya diberi penilaian, operator bisa mengakses aplikasi secara keseluruhan dari pusat.

8. Aplikasi Raport Digital untuk Siswa

"<yoastmark

Guru dapat mengaksesnya untuk memberikan berbagai penilaian terhadap siswa. Siswa mengakses situs tersebut untuk mengetahui penilaian atas kemampuannya di berbagai bidang. Siswa hanya dapat mengakses setiap nilai sesuai dengan username dan password yang diberikan oleh sekolah, biasanya dari nomor induk siswa yang sifatnya lebih rahasia.

Akses link untuk siswa bisa dibuka oleh guru atau operator, tapi tidak sebaliknya, karena setiap siswa hanya dapat mengakses data nilai milik pribadi. Mereka mengikuti prosedur untuk menyimpan data yang rahasia di bawah tanggung jawab operator.

Aplikasi Raport Digital Offline

Daftar berbagai keperuntukan aplikasi raport di atas pada dasarnya masih diperuntukkan untuk Madrasah. Aplikasi tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk mengembangkan Madrasah dan bisa masuk ke digitalisasi.

Selain itu adanya ARD ini memang diharapkan dari madrasah mampu mencapai standar dan target kerja yang diharapkan khalayak umum (karena bisa diakses banyak orang secara digital).

Baru-baru ini laman http://sikurma.kemenag.go.id/ yang mengCreate Aplikasi Raport Digital (ARD) khususnya untuk madrasah. Situs ini merupakan aplikasi berbasis online dan berbasis web. Mulai dari sinilah ARD Madrasahku menarik perhatian para operator madrasah untuk menggunakannya.

Meski demikian sebagian besar aplikasi berbasis online hanya bisa diakses untuk jenjang Roudhatul Athfal (RA). Adapun untuk MI, MTs, dan MA bisa mengakses/megoperasikan ARD versi Offline.

Download Aplikasi Raport Digital Offline

Apabila anda merupakan pihak operator dari jenjang MI, MTs, dan MA maka anda bisa melakukan download terlebih dahulu untuk aplikasi raport di bawah ini :

Aplikasi ARD Madrasahku Versi Offline untuk :

  1. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  2. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  3. Madrasah Aliyah (MA)

Link di atas akan masuk ke Google Drive. Aplikasi Offline tersebut harus anda dowload/unduh terlebih dahulu melalui Google Drive.

Cara Instal Aplikasi Raport Digital Offline

Apabila anda selesai mendownload maka langkah berikutnya adalah menginstall aplikasi tersebut di Komputer/Laptop operator sekolah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik v1.o-SetUP
  2. Isilah data sesuai pada tampilan yang meliputi Username, Organization, serta Serial Number
  3. Pastikan serial number yang anda isikan sudah benar.
  4. Setelah terisi maka akan muncul tombol « Next » jika isian sudah benar.
  5. Klik Next
  6. Berikutnya akan dilakukan Extracting File dan anda harus menunggu
  7. Ketika muncul tampilan Completing The ARD Setup Wizard, anda hanya perlu Klik Finish.

Setelah aplikasi terinstall dengan baik maka anda bisa mulai mencobanya. Semoga bermanfaat dan semoga Madrasah di Indonesia semakin maju, bersaing serta prestatif.

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *