Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

5 Cara Cek HP OPPO Asli/Palsu Paling Akurat

3 min read

Cara Cek HP OPPO

OPPO merupakan salah satu merek HP yang sangat terkenal di Indonesia. Jadi tidak heran jika ada banyak sekali tiruan atau replika dari HP merek ini yang beredar di pasaran.

HP OPPO palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, karena itulah banyak orang yang terjebak dan akhirnya membeli HP OPPO tersebut karena murah.

Ketika ingin membeli HP, sebaiknya kita sudah tahu bagaimana cara cek HP OPPO supaya bisa membedakan mana yang asli dan mana HP OPPO yang palsu atau KW. Kita harus lebih waspada ketika ingin membeli barang-barang baru jika harganya murah.

Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah HP OPPO tersebut asli atau palsu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara rangkuman Rock Away Summer mengenai Cara Cek HP OPPO Asli. Semoga cara ini bisa membantu Anda dalam membeli HP OPPO nantinya.

Cara Mengecek HP OPPO Asli atau Palsu

Untuk membedakan HP OPPO yang asli dengan yang palsu sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita jeli maka kita akan tahu asli atau palsunya HP OPPO. Langsung saja berikut ini adalah cara cek HP OPPO :

Cara Cek HP OPPO Asli
Credit an Image : localstartupfest.id

1. Cek Garansi HP

Sebelum Anda mau membeli sebuah HP OPPO baru, sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu terkait surat-surat HP tersebut seperti kartu garansi misalnya. Cek terlebih dahulu dan pastikan dalam kartu garansi tersebut sesuai dengan HP OPPO yang dijual.

Adapun langkah-langkah cara cek HP OPPO adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Hidupkan HP OPPO terlebih dahulu.

Langkah 2: Cek nomor IMEI di HP OPPO yang akan Anda beli. Untuk mengecek IMEI, silahkan masukkan kode *#06# setelah itu tekan Panggil/Dial.

Langkah 3: Setelah nomor IMEI muncul, catat nomor tersebut.

Langkah 4: Kemudian, masukkan nomor IMEI tersebut ke laman milik OPPO untuk cek garansi OPPO.

Langkah 5: Nah, silahkan Anda periksa informasi yang ada di HP dan juga surat, apakah sudah sama dengan yang tertera di Website milik OPPO tersebut.

2. Cek HP OPPO Melalui Nomor IMEI

Selain menggunakan cara pertama, Anda juga bisa cek apakah HP OPPO itu asli atau palsu menggunakan cara ini. Cara ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan nomor IMEI saja untuk mengeceknya. Adapun langkah-langkah cara cek HP OPPO adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Cek IMEI HP OPPO dengan cara mengetik kode *#06# setelah itu tekan Panggil/Dial.

Langkah 2: Kemudian setelah itu akan muncul nomor IMEI HP tersebut. Nah pastikan nomor IMEI HP tersebut dan yang ada di kotak dus box HP OPPO yang Anda beli.

Langkah 3: Pastikan nomor IMEI tersebut itu sama. Jika IMEI berbeda maka HP OPPO yang Anda beli tersebut itu bisa jadi palsu atau tiruan.

IMEI ini bersifat unik, jadi tidak ada tiruan dari nomor IMEI di setiap HP. Jadi meski dibuat oleh perusahaan yang sama dan dengan tipe HP yang sama, IMEI tiap HP akan selalu berbeda.

3. Cek Engineer Mode

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah HP OPPO asli atau palsu adalah dengan mengeceknya lewat Kode Rahasia OPPO. Engineer Mode atau kode rahasia OPPO merupakan sebuah fitur tester untuk menguji kinerja hardware dari HP OPPO seperti baterai, telepon, speaker, konektivitas, dan lain sebagainya.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Cara pertama untuk cek HP OPPO asli atau palsu adalah dengan menggunakan kode rahasia USSD *#800#. Silahkan ketikkan kode tersebut di Telepon kemudian tekan Dial/Panggil.

Langkah 2: Setelah itu otomatis Anda akan dibawa ke Mode Testing atau Engineer Mode. Nah disini Anda bisa mulai melakukan testing ke HP OPPO tersebut.

Langkah 3: Contohnya jika Anda ingin menguji baterai pada HP OPPO, maka silahkan pilih di bagian baterai. Setelah itu akan menampilkan kondisi baterai HP pada saat itu juga.

Langkah 4: Anda juga bisa mengecek kondisi hardware HP yang lain seperti koneksi, speaker, dan sebagainya apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Langkah 5: Testing semua mode yang ada dan pastikan tidak ada kerusakan atau error ketika dilakukannya testing. Jika semua normal, maka dapat dipastikan bahwa HP OPPO tersebut itu asli. Namun sebaliknya jika ada error bisa jadi karena HP tersebut itu palsu.

4. Cek Hardware HP

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah HP OPPO itu asli atau palsu adalah dengan mengecek Hardware HP OPPO tersebut. Jadi cara yang satu ini bisa Anda lakukan secara visual. Berikut ini adalah cara cek HP OPPO asli atau palsu:

Langkah 1: Perhatikan kualitas casing dari HP tersebut, kualitas casing HP OPPO asli ini lebih bagus dibandingkan yang palsu.

Langkah 2: Perhatikan juga fitur-fitur yang ada di HP OPPO, karena biasanya HP OPPO palsu tidak memilikinya. Contohnya fitur sidik jari yang ada di HP OPPO.

Langkah 3: Jangan lupa juga cek berat HP OPPO tersebut, HP OPPO yang ori biasanya lebih berat dibanding HP OPPO yang KW. Ini karena kualitas bahan yang digunakan, semakin bagus maka semakin berat.

Langkah 4: Cek kualitas hasil dari jepretan kamera OPPO tersebut, apakah sama seperti yang tertulis di dalam dus box atau tidak. Biasanya HP OPPO yang asli mempunyai kualitas kamera yang baik dan tidak buram.

5. Cek Harga HP

Tips atau cara terakhir untuk mengetahui apakah HP OPPO itu asli atau palsu adalah dengan membandingkan harga pasaran dari HP yang baru. Karena biasanya HP OPPO palsu atau KW memiliki harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Adapun langkah-langkahnya adalah:

Langkah 1: Pertama, cari tahu terlebih dahulu harga HP OPPO terbaru lewat laman website resmi milik OPPO atau situs-situs yang sudah terpercaya.

Langkah 2: Bandingkan harga tersebut dengan harga HP OPPO yang akan Anda beli. Apakah selisih dari harga tersebut banyak atau tidak.

Langkah 3: HP OPPO palsu biasanya memiliki selisih harga yang sangat banyak dibanding harga HP OPPO yang asli.

Langkah 4: Selain bukan HP OPPO ori, mungkin saja HP tersebut barang Black Market yang merupakan HP selundupan. Sebaiknya jangan beli barang tersebut karena bisa terkena pidana karena masuk tanpa izin ke Indonesia.

Dibanding membeli HP OPPO baru tapi palsu, lebih baik beli yang bekas namun sudah pasti asli. Meskipun bekas namun kualitas masih jauh dibandingkan dengan HP OPPO tiruan atau palsu.

Demikianlah tutorial cara cek HP OPPO asli atau palsu, dengan menggunakan beberapa cara di atas tadi Anda bisa tahu mana HP OPPO yang asli dan mana yang palsu atau tiruan.

Tentu saja langkah tersebut sama apakah termasuk cara cek hp oppo A3S, cara cek hp Oppo A37f atau seri Oppo lainnya.

Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah, terima kasih.

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *