5 Cara Membatasi Pengguna Wifi Di Android Dan Laptop

7 min read

cara membatasi pengguna wifi

Wifi yang menawarkan koneksi internet cepat menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian besar orang. Karena dengan wifi akan membantu semua orang menyelesaikan pekerjaannya secara efisien. Pengguna wifi saat ini juga semakin banyak dengan semakin banyaknya wifi corner dan tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis untuk akses internet, seperti cafe, hotel, dan tempat publik lainnya.

Pemasangan jaringan wifi di rumah pun semakin marak dengan prosedur pemasangan cukup mudah dan biaya relatif terjangkau, sehingga pengguna dan keluarganya lebih bebas dalam mengakses internet. Beberapa internet service provider yang melayani pemasangan jaringan wifi dan cukup populer di Indonesia antara lain IndiHome, First Media, MyRepublic, Biznet dan sebagainya.

Penyebab Koneksi Lemot pada Wifi

Mengelola jaringan wifi Anda untuk melihat seberapa banyak penggunanya adalah hal yang sangat penting. Meskipun Anda sudah mengamankan wifi dengan password yang kuat dan susah ditebak, tetapi masih ada kemungkinan adanya pengguna terselubung yang diam-diam ikut menggunakan hotspot wifi Anda. Dengan terlalu banyaknya pengguna yang mengakses wifi pada waktu yang bersamaan, maka sinyal internet menyebar ke banyak perangkat dan berakibat penurunan kecepatan koneksi maupun aksesnya.

Kemungkinan lain yang menyebabkan wifi menjadi lemot adalah kurangnya perhitungan dan pertimbangan saat pertama kali mengatur jaringan wifi Anda, misalnya ada berapa perangkat yang kira-kira akan terhubung wifi. Mungkin ada beberapa perangkat yang bisa  menyedot sebagian besar konektivitas dan menyebabkan lemotnya internet pada perangkat lainnya.

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan wifi cenderung mengurangi bandwidth yang tersedia untuk perangkat lain yang berada pada jaringan yang sama. Semua perangkat ini tidak hanya akan berbagi jaringan nirkabel yang sama, tetapi juga akan berbagi koneksi internet yang sama yang disediakan oleh penyedia layanan internet Anda. Dalam situasi ini, masalahnya bukan karena kecepatan koneksi nirkabel melainkan karena lalu lintas yang padat untuk mengakses internet dari wifi Anda.

Untuk mengatasi lambatnya kecepatan internet pada wifi akibat banyaknya pengguna tersebut, maka perlu adanya cara membatasi pengguna wifi atau cara membatasi bandwidth wifi.  Cara membatasi pengguna yang mengakses wifi bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung jenis wifi dan router / modem wifinya. Dan saat ini hp Android juga memiliki fitur tethering yang memungkinkan untuk berbagi koneksi.

Pada artikel Rock Away Summer kali ini kita akan membahas Cara Membatasi Pengguna Wifi android, cara membatasi pengguna wifi IndiHome, cara membatasi pengguna wifi Speedy, cara membatasi pengguna wifi First Media, cara membatasi pengguna wifi zte, cara membatasi pengguna wifi tp link, cara membatasi pengguna wifi bolt dan cara membatasi pengguna wifi dengan mac address.

Memaksimalkan Potensi Jaringan Wifi

Sebelum membatasi pengguna wifi yang bisa menurunkan kecepatan internet maka kita harus bisa memaksimalkan potensi jaringan wifi terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan menambah titik akses  atau modem di jaringan wifi yang dapat membantu mendistribusikan beban jaringan wifi, sehingga akan meningkatkan jumlah perangkat yang bisa terhubung. Namun hal ini cenderung membuat jaringan wifi menjadi sulit untuk dikelola dan kemungkinan akan membutuhkan layanan manajemen jaringan.

Hal lain yang dapat dilakukan jika kita memiliki satu atau lebih modem yang mampu mendukung banyak perangkat adalah meningkatkan paket langganan pada ISP dengan kapasitas bandwidth lebih besar.

Selain itu dengan menggunakan modem wifi terbaik, kita bisa mengelola dan mengontrol akses internet wifi.  Kita tidak hanya dapat mengontrol siapa yang dapat mengakses internet wifi, tetapi juga dapat memblokir situs web, membatasi jam akses, bandwidth throttle, dan bahkan mengetahui cara memblokir pengguna wifi kita.

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara membatasi pengguna wifi IndiHome, Speedy atau First Media dengan berbagai modem / router dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut :

1. Mengelola Modem Dengan Baik

a. Mengontrol Pengguna

Untuk mencegah seseorang tak dikenal mengakses internet melalui wifi Anda dapat dimulai dengan menggunakan password yang kuat dan enkripsi WPA2. Pada modem TP-Link klik pada menu Interface Setup > Wireless, untuk mengatur enkripsi dan password yang kuat.

cara membatasi pengguna wifi TP LINK
cara membatasi pengguna wifi TP LINK

Cara membatasi pengguna wifi IndiHome dengan modem ZTE dapat dilakukan dengan mengatur Maximum Clients yang terhubung secara bersamaan. Buka panel admin modem klik Network > SSID settings. Untuk menu Choose SSID atur pada SSID 1 dan menu Maximum Clients ubah ke angka yang Anda inginkan, misal 6 berarti hanya 6 perangkat yang bisa terhubung ke wifi pada waktu yang bersamaan. Jika sudah sesuai klik tombol Submit.

cara membatasi pengguna wifi ZTE
cara membatasi pengguna wifi ZTE

Anda juga dapat menonaktifkan SSID Broadcast, untuk mencegah nama jaringan wifi Anda ditampilkan secara otomatis pada semua perangkat di sekitarnya. Saat Anda mendisable fungsi broadcast SSID, maka seseorang yang ingin terhubung dengan jaringan wifi Anda, harus ijin terlebih dahulu pada Anda untuk mengetahui nama SSID nya.

Cara menonaktifkan SSID Broadcast wifi dengan modem TP-Link Klik di Interface Setup > Wireless. kemudian pilih No pada option “Broadcast SSID”

Cara menonaktifkan SSID Broadcast wifi dengan modem ZTE Masuk ke Network > WLAN > SSID Settings, kemudian centang dibagian Hide SSID dan klik submit

Metode yang sangat efektif tetapi lebih memakan waktu untuk mengontrol pengguna wifi adalah dengan mengaktifkan fitur MAC Filtering untuk memblokir akses ke semua perangkat kecuali yang sudah Anda daftarkan melalui pengaturan kontrol akses modem. Ini merupakan cara membatasi pengguna wifi dengan MAC address.

Komputer, tablet, dan smartphone biasanya memiliki pengenal unik yang dihubungkan ke perangkat lainnya, dan ini disebut sebagai alamat fisik atau MAC address. MAC (Media Access Control) address adalah identitas unik adapter wireless perangkat Anda. Untuk menemukan MAC address pada PC Windows, buka Command Prompt kemudian ketik ipconfig/all dan tekan Enter.

Pada panel admin modem klik menu Interface Setup > Wireless > Wireless MAC Filtering > Add New > kemudian masukkan alamat MAC tadi lalu Save.

b. Mengaktifkan Filter Internet

Anda bisa mempertimbangkan untuk memblokir situs web tertentu melalui modem Anda, jika opsi itu tersedia. Anda juga harus meninjau opsi keamanan dan mengaktifkan filter internet untuk mencegah siapa pun yang mencoba mencari kelemahan jaringan wifi Anda. Misalnya filter yang umum digunakan adalah memblokir Port 133.

c. Membatasi Jam Penggunaan

Sebagian besar modem dengan kontrol orangtua memberi Anda opsi untuk membatasi akses internet pada jam tertentu. Jadi Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memblokir semua akses internet pada waktu-waktu yang sudah Anda tentukan.

d. Penggunaan Bandwidth Throttling

Penggunaan Bandwidth Throttling bukan untuk mencegah siapa pun mengakses internet, tetapi untuk memperlambat kecepatannya. Jika modem Anda mempunyai fitur ini, Anda bisa mengatur kecepatan internet ke tingkat kecepatan yang Anda inginkan. Hal ini mungkin memerlukan beberapa trial and error, dan cobalah di beberapa situs web lalu sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya Anda dapat mengatur agar bisa mengakses sebagian besar situs web dengan cukup cepat, tetapi untuk mengunduh film atau bermain video game online akan jauh lebih lambat dan lebih sulit dilakukan.

2. Membatasi Jumlah Pengguna Wifi Menggunakan NetLimiter

NetLimiter adalah software untuk kontrol dan pemantauan lalu lintas internet dengan mengatur penggunaan bandwidth pada perangkat yang terhubung wifi. Dengan NetLimiter Anda bisa mengendalikan jaringan wifi pada perangkat, membatasi kecepatan koneksi wifi dan memutuskan mana aplikasi yang diizinkan untuk terhubung.

Adapun cara menggunakan NetLimiter adalah sebagai berikut :

  • Download dan install software Netlimiter pada laptop atau PC.
  • Jalankan software Netlimiter untuk melihat daftar perangkat atau aplikasi yang terhubung dan mengakses internet melalui wifi Anda.
  • Untuk membatasi jumlah pengguna wifi, tambahkan checklist pada pilihan upload limit dan download limit, lalu klik pada opsi KB/s agar bisa menampilkan RuleEditor.
  • Pada menu Value, pilih limit untuk mengatur angka atau nilai kecepatan Wifi yang ingin Anda batasi.
  • Untuk menyimpan pengaturan ini klik save.

3. Membatasi Jumlah Pengguna Wifi Menggunakan P2POver

P2POver adalah software manajemen bandwidth untuk memantau seluruh lalu lintas internet pada jaringan wifi. Anda dapat menggunakan P2POver untuk membatasi kecepatan unduh dan upload dari komputer atau perangkat apa pun yang terhubung di jaringan wifi.

Berikut ini langkah-langkah penggunaan P2POver :

  • Download dan install P2POver pada laptop atau PC.
  • Jalankan software P2POver kemudian masuk ke menu Settings > Advanced Option, di bawah tab Adapters pilih adapter network yang sesuai dengan jaringan wifi Anda dari menu drop down lalu klik OK
  • Sebelum menetapkan aturan, Anda harus mengatur jadwal kapan aturan harus bekerja. Buka Settings > Schedule Setting, lalu klik tombol New. Masukkan nama untuk Schedule’s Name dan mulai mengatur jadwal berdasarkan kebutuhan Anda
  • Selanjutnya pilih Selected lalu klik OK sehingga menutup schedule setting yang terbuka tadi.
  • Untuk membatasi kecepatan internet wifi buka menu Settings -> Rules Settings, klik tombol New. Masukkan Schedule’s Name dan pilih jadwal yang baru saja Anda buat dari menu drop down.
  • Klik Next dan Anda dapat mengatur batas bandwidth pilihan Anda pada Outgoing (upload) dan Incoming (download) sesuai kebutuhan.
  • Klik Next lalu Finish untuk menutup kembali menu Rules Setting.
  • Kembali ke toolbar, klik Scan untuk memindai dan mendeteksi semua perangkat dan aplikasi yang terhubung ke jaringan wifi.
  • Nah, sekarang Anda dapat memilih untuk membatasi komputer atau perangkat apa pun yang Anda inginkan.
  • Untuk mengontrol kecepatan tiap pengguna wifi, silahkan klik kanan alamat IP pengguna yang terhubung wifi, pilih Apply Rules to Host Selected.Kemudian pilih Schedule’s Name yang baru saja Anda buat dan klik Ok. Klik kanan lagi alamat IP pengguna, pilih Control All. Terakhir, klik tombol Start yang muncul di sebelah Scan dari toolbar.

4. Membatasi Jumlah Pengguna Wifi Menggunakan NetCut

NetCut adalah software yang dapat membantu mendeteksi perangkat yang terhubung ke jaringan wifi secara instan, mulai dari pengaturan bandwidth hingga memutuskan koneksi perangkat tertentu. Tidak diperlukan pengetahuan jaringan untuk menggunakan software ini. Jalankan NetCut dan Anda akan melihat semua IP dan MAC address serta nama perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi Anda. Anda dapat mengontrol atau mengubah MAC address, menghidupkan / mematikannya dengan mengklik tombol tertentu

Netcut juga sangat berguna untuk melindungi komputer dari serangan spoof Address address protocol (ARP). Serangan spoof ARP adalah teknik yang bertujuan untuk mengganggu koneksi di jaringan internet. Pelaku juga dapat mencari tahu, memanipulasi, dan juga mematikan lalu lintas internet.

Cara menggunakan NetCut :

  • Download dan install P2POver pada laptop atau PC.
  • NetCut versi terbaru berbasis web, sehingga saat menjalankan software NetCut Anda akan langsung dibawa ke situs resmi NetCut.
  • Saat masuk ke menu utama NetCut Anda dapat melihat semua perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi Anda. Pada bagian sebelah kanan terdapat 2 trusted users, yaitu PC yang sedang Anda gunakan dan modem dari jaringan WiFi tersebut. Pada sebelah kiri pada bagian other network users terdapat beberapa perangkat seperti android dan komputer yang terhubung dengan jaringan wifi tersebut.
  • Untuk memutuskan sebuah perangkat dari jaringan wifi caranya cukup mudah. Dengan menggeser ke kiri Scroll berwarna biru, maka akan secara otomatis menemukan perangkat sekaligus memutuskan dari jaringan wifi.
  • Untuk memutuskan semua perangkat yang terhubung ke jaringan wifi Anda cukup dengan menekan tombol Cut Off All. Maka semua perangkat akan terputus kecuali perangkat yang Anda gunakan.
  • Untuk menghubungkan kembali perangkat yang telah Anda putus tadi cukup kembalikan posisi Scroll biru pada posisi semula atau tekan tombol Resume All. Maka secara otomatis semua perangkat yang telah Anda putuskan akan terhubung kembali dengan jaringan wifi.
  • Selain untuk memutuskan koneksi perangkat, NetCut juga dapat mengatur kecepatan download dan upload dari setiap perangkat yang terhubung, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kecepatan internet tetap stabil dan merata pada semua perangkat.

5.Cara Membatasi Pengguna Wifi Di Android

Dengan fitur tethering pada hp android maka Anda dapat berbagi koneksi internet dengan laptop dan tablet Anda atau dengan perangkat teman-teman Anda. Buka Settings dan di bagian Wireless & networks klik More, kemudian pilih Tethering & portable hotspot. Pada Portable Wi-Fi hotspot geser tombol pada posisi On untuk mengaktifkan tethering. Klik Set up Wi-Fi hotspot untuk melihat opsi untuk network name, security, password and network band. Semua ini dapat diedit atau dapat dijadikan sebagai default.

cara membatasi pengguna wifi di android
cara membatasi pengguna wifi di android

Anda dapat mengontrol dan membatasi penggunaan internet wifi hp android Anda melalui dua cara :

a. Tetapkan Batas Koneksi Maksimum

Secara default hp android bisa membagikan koneksi internet melalui tethering wifi kepada maksimum 7-8 perangkat lain. Artinya maksimum 7-8 pengguna dapat terhubung dengan internet wifi dari ponsel android Anda. Namun Anda dapat mengubah batas ini menjadi 2-3 pengguna yang terhubung ke tethering wifi. Jika ada pengguna lain di luar itu maka tidak akan bisa terhubung dengan wifi Anda meskipun mereka memiliki passwordnya.  

Cara untuk mengatur batas koneksi maksimum :

  • Buka Setting > More > Tethering and Portable Device > Wi-Fi hotspot.
  • Klik pada opsi Set up Wi-Fi hotspot .
  • Akan muncul pop up dari Set up Wi-Fi hotspot,
  • Pada menu Maximum Connections Anda bisa mengatur jumlah pengguna maksimum sesuai dengan kebutuhan.

b. Tetapkan Batas Kecepatan Bandwidth

Menetapkan batas penggunaan bandwidth dapat mengontrol kecepatan wifi Anda dalam berbagi kecepatan internet. Jadi nantinya perangkat yang terhubung hanya dapat menggunakan kecepatan koneksi sesuai yang telah Anda atur.

Cara mengatur batas kecepatan internet bersama :

  • Buka Setting > More > Tethering and Portable Device > Wi-Fi hotspot 
  • Pada Wi-Fi hotspot klik opsi Bandwidth usage.
  • Dalam Bandwidth usage centang kotak Enable Bandwidth throttling dan setel Real-time data speed sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda dapat menetapkan batas maksimum 50 KBps sehingga pengguna lain tidak akan bisa mendapatkan kecepatan lebih dari 50 KBps.

Demikian artikel mengenai 5 cara membatasi pengguna wifi di laptop dan android sehingga dapat meningkatkan kecepatan internet pada jaringan wifi Anda.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *