Tutorial Cara Membuat Channel Youtube Dilengkapi Gambar [Lengkap]

7 min read

cara membuat channel youtube

Cara Membuat Channel YouYube Step By Step

Cara membuat YouTube channel itu mudah, tetapi cara membuat channel YouTube terkenal membutuhkan banyak kerja keras, karena ada banyak yang harus dipelajari, banyak yang harus dilatih, dan banyak yang harus diingat.

Saat ini banyak orang menghabiskan waktu luangnya dengan menonton video di internet, salah satunya adalah YouTube. Menonton video YouTube merupakan tren yang digemari banyak orang, dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Alasannya juga bermacam-macam, mulai dari sekedar hiburan, mencari informasi hingga referensi.

Berbagai channel YouTube menyuguhkan banyak video yang berkualitas dan lebih menarik, sehingga mampu menggeser kebiasaan orang. Orang lebih suka menonton video dari channel YouTube favoritnya daripada menonton televisi atau membaca. Bahkan Anda bisa menonton siaran televisi melalui YouTube. Kemudahan akses internet dan semakin banyaknya pengguna smartphone juga merupakan faktor yang menyebabkan kenapa semakin banyak orang lebih menyukai menonton video YouTube.

Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 1 miliar pengguna menonton YouTube setiap hari. Namun, sebagian besar orang di seluruh dunia menggunakan YouTube hanya untuk melihat video orang lain. Tidak jarang para pengguna bisa menghabiskan waktu hingga satu jam hanya untuk menonton video orang lain, kadang-kadang memberikan komentar dan kemudian pindah ke video lainnya.

Dengan mengetahui Cara Membuat Channel YouTube sendiri, maka bisa mengubah Anda dari penonton menjadi creator video. Jika Anda sudah menjadi creator video YouTube maka akan memungkinkan orang menonton video yang Anda buat. Anda juga bisa menjadi YouTuber sukses saat video kreasi Anda ditonton jutaan orang. Lalu bagaimana cara membuat channel YouTube ?

Oleh karena itu pada artikel Rock Away Summer ini kita akan membahas cara membuat channel YouTube, cara membuat channel YouTube di hp, cara daftar akun YouTube dan cara membuat akun YouTube. Tapi sebelum membahas  cara buat channel YouTube tersebut Anda harus mengetahui apa saja manfaat dengan membuat channel YouTube.

Manfaat Membuat Channel  YouTube

Ada banyak manfaat dengan membuat channel YouTube sendiri, antara lain :

1. Menyimpan Sekaligus Mencadangkan Video

Video tidak ada gunanya jika dibiarkan hanya disimpan dalam perangkat Anda. Dengan mengupload video secara gratis ke channel YouTube maka Anda bisa menyimpan sekaligus mencadangkan file video tersebut, sehingga dapat dengan mudah dicari, ditemukan, dan dibagikan kapan saja Anda inginkan.

2. Lebih Banyak Orang Akan Menemukan Anda Di Mesin Pencari YouTube

YouTube dimiliki oleh Google, mesin pencari terbesar di dunia. Sama seperti Google, YouTube juga merupakan mesin pencari. Mesin pencari Google memungkinkan Anda menemukan apa pun di web, sementara mesin pencari YouTube secara eksklusif mencari video YouTube. Jika beberapa dari pengunjung menikmati video dari channel YouTube yang Anda buat, maka mereka pasti akan kembali untuk mencari video menarik lainnya.

3. Untuk Mempromosikan Produk

Untuk YouTuber yang memulai dengan channel baru, mempromosikan produk adalah cara yang lebih cepat dan efektif untuk menghasilkan sejumlah uang. Anda dapat memanfaatkan link afiliasi dan mempromosikan produk Anda sendiri melalui video YouTube untuk meningkatkan penjualan.

Perilaku orang terhadap produk atau layanan cenderung membaik setelah mereka melihat video promosi tersebut. Orang juga lebih cenderung ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda setelah menonton video, yaitu dengan mencarinya di Google dan mengunjungi situs web Anda. Dan setelah menonton video promosi Anda, orang lebih cenderung membeli produk Anda secara online.

4. Video YouTube Dapat Memberikan Pendapatan

Banyak orang telah memperoleh penghasilan jutaan bahkan milyaran dari iklan Google Adsense yang ditampilkan di video mereka. Mereka mendapatkan pundi-pundi rupiah setelah menjadi YouTuber sukses dengan banyak subscriber. Setiap video hasil kreasi mereka selalu ditonton oleh banyak orang.

5. Mudah Menempatkan Video Di Web Dengan YouTube

Dari beberapa metode yang bisa digunakan, memposting video di web menggunakan video YouTube merupakan cara yang paling sederhana. YouTube adalah platform yang menyediakan cara mudah untuk mengunggah video kepada penggunanya. Mengunggah video di YouTube semudah mengunggah file dan Anda juga bisa menambahkan deskripsi untuk menggambarkan video tersebut.


Cara Membuat Channel YouTube

Tahapan dalam membuat channel YouTube adalah sebagai berikut :

  1. Daftar YouTube dengan akun Google / Gmail (jika Anda belum memilikinya).
  2. Buat channel YouTube baru menggunakan akun Google.
  3. Optimalkan channel YouTube sehingga mudah ditemukan.
  4. Tambahkan tautan dan deskripsi ke channel YouTube.
  5. Upload foto profil ke channel YouTube.
  6. Tambahkan gambar sampul / banner channel YouTube
  7. Upload video dan optimalkan untuk pencarian.

1. Mendaftar Akun Google

Untuk bisa membuat channel  YouTube dan juga mengomentari  video YouTube, Anda memerlukan akun Google / Gmail. Cara buat akun youtube jika Anda belum memiliki akun Google :

  • Buka youtube.com dan klik Sign in di sudut kanan atas sampai Anda dibawa ke halaman masuk Google.

  • Klik create account lalu klik For myself

  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah membuat akun Google, seperti mengisi nama, membuat password dan seterusnya.
  • Setelah Anda menyelesaikannya dan sudah memiliki akun Google, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini.
  • Buka kembali youtube.com dan klik Sign in di sudut kanan atas, sampai Anda dibawa ke halaman masuk Google yang sama seperti di atas.
  • Sign in dengan akun Google / Gmail dan password Anda sehingga bisa masuk ke halaman YouTube. Jika Anda memiliki beberapa akun Google, pastikan untuk memilih akun yang ingin dikaitkan dengan channel YouTube.

2. Membuat Channel YouTube Baru Menggunakan Akun Google

Setelah Anda berhasil masuk ke YouTube dengan akun Google, saatnya membuat channel YouTube. Anda bisa membuat channel YouTube pribadi maupun channel YouTube untuk bisnis / merek Anda.


Cara Membuat Channel YouTube Pribadi

  • Klik gambar profil pengguna Anda di sudut kanan atas yang merupakan akun Google sekaligus akun YouTube Anda.

  • Pada menu drop down yang terlihat pilih dan klik Settings.

  • Kemudian di bagian Account klik Create a new channel yang berada di bagian bawah Your Account

  • Di layar berikutnya isi informasi dengan nama depan dan nama belakang Anda yang akan menjadi nama channel yang Anda buat atau Anda bisa menggunakan nama lainnya. Nama channel ini nantinya bisa diubah jika Anda mau, jadi jangan khawatir jika salah nama saat pertama kali menggunakannya.

  • Klik Create channel maka channel YouTube sudah jadi dan Anda bisa melakukan beberapa penyesuaian pengaturan.
  • Cara lain yang lebih cepat adalah dengan klik Your channel pada menu drop down, maka Anda langsung dibawa ke form informasi nama channel Anda.

Cara Membuat Channel YouTube untuk Bisnis / Merek Anda

Akun bisnis atau merek (Brand account) cocok untuk bisnis, merek, atau jenis organisasi lainnya yang ingin mengelola beberapa channel YouTube dari satu dasbor.

Selain beberapa manajemen channel, akun bisnis YouTube memungkinkan Anda menambahkan pengelola untuk setiap channel dan dapat mengontrol siapa yang memiliki akses tertentu ke berbagai channel yang mereka kelola.

Nama channel YouTube untuk bisnis bisa berupa nama apa pun yang Anda inginkan dan tidak harus sama dengan nama yang Anda gunakan untuk membuat akun Google, tetapi akan lebih baik jika mencerminkan merek yang akan diwakili oleh channel YouTube.

Berikut ini cara membuat channel YouTube untuk bisnis Anda :

  • Masuk ke YouTube dengan akun Google yang ingin Anda gunakan untuk membuat channel baru.
  • Klik gambar profil Anda.
  • Klik Your channel pada menu drop down

  • klik Create a new channel
  • Di bagian kotak Use YouTube as… klik tulisan Use a business or another name yang ada di bagian bawah.

  • Masukkan nama untuk channel Anda
  • Klik Create untuk menyimpan, maka channel YouTube bisnis Anda siap digunakan.

3. Optimalkan Channel YouTube Sehingga Mudah Ditemukan

Langkah selanjutnya setelah membuat channel YouTube adalah mengoptimalkan channel YouTube sehingga memudahkan orang untuk menemukannya. Anda bisa mulainya dengan detail dasar tentang channel Anda.

  • Dari beranda channel YouTube Anda klik Customize channel sehingga akan membuka halaman beranda channel Anda.

  • Klik ikon roda gigi di sebelah kanan atas maka Anda akan menemukan berbagai pengaturan yang sudah diaktifkan secara default atau Anda bisa memilih bagian tertentu untuk dinonaktifkan tergantung pada preferensi Anda. Tapi sebaiknya Anda hanya menonaktifkan pada bagian Keep all my saved playlists private agar video Anda tidak bersifat private dan memungkinkan orang bisa menonton daftar video yang Anda buat.

  • Langkah selanjutnya di bagian Customize the layout of your channel klik Advanced settings.
  • Maka akan ditampilkan layar jendela berisi informasi akun di mana Anda harus memasukkan beberapa informasi dasar tentang channel Anda, antara lain :
  • Negara tempat channel Anda berada.
  • Menetapkan kata kunci sehingga membantu orang dapat menemukan channel Anda ketika mereka memasukkan kata pencarian yang menggambarkan video apa yang mereka cari
  • Menautkan akun AdWords ke channel YouTube untuk mempromosikan video ke seluruh platform YouTube.
  • Pilihan apakah channel Anda ingin ditampilkan sebagai channel yang disarankan di halaman channel lain atau tidak.
  • Menampilkan atau tidak menampilkan jumlah subscriber di halaman channel Anda.
  • Menautkan akun Google Analytics ke channel YouTube Anda

4. Menambahkan Deskripsi Dan Tautan Ke Channel YouTube

Untuk penyesuaian channel YouTube selanjutnya, Anda bisa menambahkan deskripsi. Detail deskripsi memberi tahu pengunjung channel Anda (subscriber) tentang tujuan dan jenis konten video yang dipublikasikan oleh channel Anda.

  • Di beranda channel YouTube klik pada tab About lalu klik Channel description

  • Di sini Anda akan diminta untuk mengisi rincian deskripsi channel yang dapat Anda optimalkan dengan kata kunci agar lebih mudah ditemukan, informasi kontak dan tautan ke situs web Anda serta channel media sosial.
  • Klik Links untuk menambahkan tautan yang mengarah ke halaman web lain yang terkait dengan merek produk Anda. Anda bisa menambahkan hingga lima tautan pada channel Anda yang mengarahkan pengguna ke berbagai situs web dan jejaring sosial sehingga memungkinkan mereka dapat mempelajari dan melihat lebih banyak terkait konten video Anda.

5. Upload Foto Profil Channel YouTube

Untuk membuat channel YouTube Anda lebih menarik maka Anda bisa mengganti foto profil dengan gambar yang bisa menjadi identitas channel Anda, misal foto Anda, logo perusahaan, foto produk dan lain-lain. Pengguna YouTube akan bisa mengidentifikasi channel Anda saat menelusuri konten video. Gambar profil ini juga akan muncul di bawah video YouTube pada saat diputar.

  • Klik ikon pensil kecil pada foto profil di beranda channel YouTube Anda hingga muncul kotak persetujuan untuk Edit channel icon. Klik Edit untuk melanjutkan maka akan membuka halaman di tab baru.

  • Anda bisa memilih menggunakan gambar yang tersedia atau mengupload gambar dari komputer Anda
cara membuat channel youtube
cara membuat channel youtube
  • Untuk foto profil untuk channel YouTube yang ideal adalah dengan dimensi 800 x 800 piksel.

6. Menambahkan Gambar Sampul / Banner Channel YouTube

Gambar sampul / banner pada header channel YouTube juga merupakan bagian yang menjadi identitas channel Anda. Di bagian atas beranda channel YouTube, Anda akan melihat foto profil yang baru ditambahkan di sudut kiri atas. Pada bagian sampul dengan latar belakang abu-abu, Anda dapat mengubahnya dengan menambahkan gambar sebagai ciri khas channel Anda.

  • Klik pada tulisan Add channel art atau
  • Klik ikon pensil kecil di sudut kanan atas dan klik Edit channel art
cara membuat channel youtube
cara membuat channel youtube
  • Di halaman berikutnya upload foto dengan pilihan dari komputer, dari foto yang sudah ada atau dari gallery. Ukuran gambar sampul channel YouTube yang direkomendasikan adalah 2560 x 1440 piksel maksimal 6 MB.

  • Setelah memilih gambar yang sudah Anda siapkan klik select dan tunggu beberapa saat maka gambar sampul channel YouTube Anda sudah berubah.

7. Upload Video Dan Optimalkan Untuk Pencarian

Cara mengoptimalkan channel YouTube Anda selain dengan pengaturan yang sudah dijelaskan sebelumnya, juga dapat dilakukan saat Anda mulai menambahkan video. Dengan optimasi untuk pencarian, maka akan membantu pengguna menemukan video Anda.

Cara upload video YouTube :

  • Klik gambar video yang ada di kanan atas beranda channel Anda lalu klik Upload video. Atau klik Go live jika ingin melakukan siaran langsung.

  • Pilih file video yang akan diupload dari komputer Anda lalu klik Open untuk menambahkan.

  • Beri keterangan yang mencakup semua informasi dari video tersebut, seperti judul, deskripsi dan tag.
  • Klik publish di atas kanan layar untuk mengupload, maka video Anda dapat dinikmati semua orang.

Cara Mengoptimalkan Channel Youtube

Berikut ini beberapa hal penting untuk mengoptimalkan channel YouTube saat mengupload video :

Judul

Hal pertama yang menarik perhatian seseorang ketika mencari video di YouTube adalah judulnya. Judul video sering menentukan apakah seseorang akan mengklik atau tidak video Anda.  Jadi Anda harus menggunakan judul yang menarik, jelas dan ringkas yang bisa mempengaruhi orang untuk segera klik video Anda.

Deskripsi

Deskripsi video akan memberi tahu algoritma YouTube tentang video Anda, sehingga akan menentukan bagaimana video Anda ditampilkan dalam hasil pencarian. Mengoptimalkan deskripsi video adalah suatu keharusan khususunya untuk YouTuber yang ingin mendapatkan lebih banyak penayangan pada videonya.

Deskripsi maksimal dibatasi hingga 1.000 karakter dan dalam hasil pencarian YouTube hanya menampilkan dua atau tiga baris teks pertama, yaitu sekitar 100 karakter. Jadi tulis deskripsi dengan informasi yang paling penting dan jangan lupa gunakan kata kunci yang relevan.

Tag / Tagar

Tag atau tagar adalah satu kata atau kumpulan kata yang digunakan untuk mengidentifikasi konten video berdasarkan topik tertentu. YouTube akan mengabaikan semua tag pada video jika memiliki lebih dari 15 tag. Menggunakan tag tidak hanya membuat pemirsa tahu tentang apa dan bagaimana video Anda , tetapi juga memberi tahu YouTube untuk memahami konten dan konteks video Anda. Dengan menggunakan tag yang benar maka YouTube akan mengaitkan video Anda dengan video serupa, sehingga dapat memperluas jangkauan video Anda. Gunakan tag yang relevan dengan video Anda.

Kategori

Gunakan kategori untuk mengelompokkan video Anda dengan konten video serupa di YouTube. Anda bisa memilih kategori berdasarkan daftar kategori yang disediakan YouTube, seperti Film & animation, Autos & vehicles, Music, Gaming, People & blogs, Entertainment, Education da lain sebagainya.

Cara membuat channel Youtube di android juga cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat channel YouTube di komputer. Perbedaannya di hp android adalah pada tampilannya karena masuk melalui aplikasi YouTube.

Demikian penjelasan singkat cara membuat channel YouTube step by step beserta cara optimasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *