Cara Membuat Google Form (Kuesioner/Formulir) dengan Mudah

7 min read

cara membuat google form

Cara Membuat Google Form Paling Mudah Dan Lengkap

Saat ini hampir semua orang tergantung dan mengandalkan Google, khususnya untuk membantu aktivitas dalam dunia online. Google seolah tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas online dan telah mampu mengubah kehidupan banyak orang, mengubah cara orang berkomunikasi dan berinteraksi serta mengumpulkan informasi.  Mbah Google ini memiliki begitu banyak hal yang bisa ditawarkan kepada kita dengan manfaat yang jauh lebih besar daripada hal yang negatif.

Dunia bisnis dan marketing juga berubah secara dramatis karena Google. Mereka harus memutuskan untuk beradaptasi atau ketinggalan. Google telah mengubah dunia dengan berbagai layanan perangkat lunak dan platformnya seperti Gmail, Google Maps, Android, dan tentu saja pencarian Google.

Hampir di setiap level bisnis, memerlukan produk dan layanan Google. Salah satu produk Google yang dapat diintegrasikan dengan dunia bisnis, marketing, pendidikan dan bidang-bidang lainnya adalah Google Form atau Google formulir. Formulir Google digunakan secara luas untuk membantu Anda membuat survei dengan mudah dan cepat, merencanakan acara, membuat kuis, mengajukan pertanyaan kepada karyawan atau klien dan mengumpulkan beragam jenis informasi dengan cara yang sederhana dan efisien.

Apa Itu Google Form ?

Google Form adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membuat formulir dalam rangka pengumpulan data. Formulir ini berbasis web dan dapat dibagikan dengan responden dengan mengirim tautan, mengirim email, menyematkannya ke halaman web atau posting blog, media sosial dan meminta semua orang untuk berpartisipasi. Data yang dikumpulkan menggunakan formulir biasanya disimpan dalam spreadsheet. Meskipun ada aplikasi survei online lainnya, Google Form adalah alat pembuat formulir  gratis yang kuat dan mudah digunakan.

Google Form memungkinkan Anda mengumpulkan informasi dari orang-orang melalui polling, survey atau kuis (google kuesioner) secara kustom. Kemudian Anda dapat menghubungkan informasi tersebut ke lembar spreadsheet  untuk dicatat jawabannya secara otomatis dan real time. Anda bahkan juga dapat mengatur notifikasi email, sehingga Anda akan menerima email saat ada respon baru yang masuk. Ini menjadikan Google Form salah satu cara termudah, sederhana dan cepat untuk menyimpan data secara langsung ke dalam spreadsheet.

Cara membuat formulir online dan cara membuat kuesioner online dengan Google Form sering dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengumpulkan data statistik tentang pelanggan dan klien. Pada perguruan tinggi dan universitas, para dosen menggunakannya dalam proyek kelas dan eksperimen. Anda juga dapat menggunakan Google Form untuk mengumpulkan informasi dari anggota keluarga atau teman saat merencanakan suatu acara.

Google Form terdiri dari dua komponen, yaitu formulir survei utama dan spreadsheet yang disinkronkan melalui akun Google untuk secara otomatis mendaftar dan memformat data yang Anda kumpulkan. Dengan memindahkan data secara otomatis dari formulir ke dalam spreadsheet, maka akan meminimalkan risiko kesalahan administrasi. Formulir Google juga dapat disematkan di situs web Anda, sehingga pengunjung  dapat memasukkan nama dan informasi mereka yang akan langsung masuk ke dalam spreadsheet.

Google Form bukan aplikasi terpisah, tetapi merupakan bagian dari Google Drive. Untuk mulai menggunakan aplikasi ini hanya diperlukan akun Google yang sama dengan Anda gunakan untuk mengakses Gmail, YouTube atau Google Drive.

Alasan Menggunakan Google Form

Ada begitu banyak alasan untuk menggunakan Google Form, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Membuat Formulir Gratis Tanpa Batas

Google Form memungkinkan Anda menjalankan survei dan polling secara gratis sebanyak mungkin sampai Google Drive Anda penuh, yang bagi kebanyakan orang akan memakan waktu sangat lama. Selain itu ada banyak variasi dalam jenis formulir yang dapat dibuat menggunakan segala macam jenis pertanyaan dan berbagai tema di formulir.

2. Hasil Dapat Langsung Diubah Menjadi Spreadsheet Dan Dapat Dibagikan

Formulir Google mudah digunakan, dikustomisasi, dan diedit. Google Form memungkinkan Anda untuk berbagi pengeditan formulir dan hasilnya dengan sebanyak mungkin orang yang Anda suka. Semua orang dapat melihatnya secara bersamaan, melakukan pengeditan pada saat yang sama dan melihat pengeditan orang lain saat mereka membuatnya. Kemampuan berbagi dokumen Google Form jauh melampaui dari alat survei lainnya.

3. Threading Logika

Threading Logika adalah kemampuan untuk mengubah survei berdasarkan jawaban yang telah diberikan peserta. Ini adalah cara yang mudah untuk menghindari kata-kata yang kurang sesuai dan memastikan para peserta hanya menjawab pertanyaan yang relevan. Menggunakan fitur ini pada banyak alat survei populer lainnya akan dikenakan biaya bulanan. Tetapi di Google Form Anda dapat menggunakannya secara gratis dan mudah dilakukan.

4. Bisa Mendapatkan Notifikasi Email

Beberapa alat pembuatan survei dan polling yang tersedia online akan memaksa agar Anda mengunjungi kembali situs mereka untuk memeriksa hasilnya. Hal ini tidak mudah digunakan. Sedangkan Google Form memungkinkan Anda mendapatkan notifikasi ke email Anda setiap ada respon yang masuk.

5. Mobile Friendly

Google Form mempunyai desain responsif dan mudah digunakan dengan browser sederhana pada perangkat apapun yang Anda gunakan. Anda dapat menggunakan Google Form untuk mendapatkan respon yang lebih cepat di mana sebagian besar peserta akan menggunakan perangkat seluler. Cara membuat google form di android maupun di computer juga mudah dilakukan

Manfaat Google Form dalam dunia bisnis antara lain adalah untuk mendapatkan umpan balik pelanggan, survey pelanggan, formulir penjualan, permintaan cuti karyawan, mengirim perintah kerja ke departemen terkait dan lain sebagainya. Dengan Google Form Anda juga dapat meningkatkan dan memperlancar riset pasar atau memetakan demografi untuk promosi.

Cara Membuat Google Form

Bagaimana Cara Membuat Google Form yang bagus ? Pada artikel ini kita akan membahas cara buat Google Form secara mudah, termasuk diantaranya cara membuat kuesioner di Google Form. Cara membuat google form di android maupun di komputer adalah sama. Perbedaannya hanya pada tampilan dan bentuk menunya.

Cara bikin Google Form tidaklah sulit, tetapi membutuhkan waktu dan kesabaran. Semakin sering Anda menggunakan Google Form, semakin mudah menemukan cara baru dan menarik untuk menyederhanakan kerja serta menghemat waktu. Syarat untuk membuat Google Form adalah memiliki akun Google. Jika belum punya Anda harus membuat terleih dahulu seperti di artikel sebelumnya.

Berikut ini langkah-langkah membuat Google Form di komputer :

  1. Masuk ke akun Google Anda di https://docs.google.com/forms.

Sesudah Anda login ke Google Form menggunakan akun Google, maka akan masuk di halaman utama. Di beranda ini Anda bisa mulai membuat Google Form baru menggunakan lembar kosong (Blank Sheet) atau menggunakan template yang sudah ada.

  1. Letakkan kursor dan klik pada tanda plus (+) warna-warni di sudut kiri atas untuk mulai membuat formulir.
cara membuat google form 2
cara membuat google form 2
  1. Anda dapat langsung membuat formulir dengan memberikan judul formulir pada bagian Untitled Question sekaligus menambahkan deskripsi di bawahnya (Form description).

  1. Klik tanda plus pada bilah vertikal sebelah kanan untuk menambahkan setiap pertanyaan. Dari bilah ini Anda juga dapat impor pertanyaan, menambahkan judul dan deskripsi, menambahkan gambar, video, dan section untuk memisahkan pertanyaan.
  2. Kemudian pilih jenis pertanyaan dengan klik tanda panah di sebelah kanan. Anda dapat memilih jenis pertanyaan berupa jawaban pendek (short answer), paragraf, pertanyaan pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkboxes), menu drop down dan sebagainya. Sebagai standar adalah pilihan ganda (Multiple Chioce).Tergantung pada jenis pertanyaan yang digunakan, Anda bisa memberikan jawaban yang bisa dipilih oleh responden. Anda juga bisa mengaktifkan opsi wajib dengan mengaktifkan tombol Required di bagian bawah setiap pertanyaan.

  1. Untuk mengubah tampilan formulir, klik ikon palet lukisan pada bilah alat di kanan atas layar. Anda bisa menyesuaikan elemen-elemen untuk mengubah tema formulir, seperti gambar header, warna tema, warna latar belakang dan font.

  1. Untuk menyesuaikan formulir Anda lebih lanjut, klik pengaturan pada ikon roda gigi di bilah kanan atas.

Berikut adalah beberapa pilihan pada bagian pengaturan :

  • Umum : Kumpulkan alamat email (collect email address) dari responden pada formulir, pilih apakah responden akan menerima salinan dari tanggapannya jika diminta atau dikirim secara otomatis, apakah memerlukan login dan membatasi hanya untuk satu tanggapan, pilihan untuk responden apakah bisa mengedit detil tanggapannya setelah mengirim dan melihat bagan ringkasan serta tanggapan teks.

  • Presentasi : Aktifkan item untuk ditampilkan pada formulir Anda seperti bilah kemajuan, mengacak urutan pertanyaan atau menampilkan tautan untuk submit tanggapan lain.

  • Kuis : Ubah formulir menjadi kuis, yang akan menetapkan nilai poin untuk setiap pertanyaan dan mengizinkan penilaian otomatis. Beri pilihan apakah responden bisa melihat pertanyaan yang terlewat, jawaban yang benar dan nilai poin.

  1. Untuk melihat pratinjau formulir Google Anda, klik ikon mata di bilah alat kanan atas layar. Pastikan bahwa formulir sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, hal ini akan membuka layar jendela baru.

  1. Saat Formulir Google sudah jadi, kini saatnya Anda membagikannya kepada orang lain untuk berpartisipasi dan mendapat respon dengan cara klik tombol Send / Kirim di kanan atas layar. Google Form menawarkan beberapa cara untuk membagikan formulir Anda, yaitu kirim via email, via link dan via embed HTML.

Jika memilih opsi kirim via email, Anda dapat memasukkan banyak alamat email untuk mengundang orang mengisi formulir. Pada bagian subjek dan pesan sudah terisi secara default, tetapi Anda dapat mengeditnya. Klik Send / Kirim untuk mengirim formulir.

Di bagian opsi kirim via email ini juga terdapat tautan untuk menambahkan kolaborator di mana Anda bisa berkolaborasi dengan anggota tim atau rekan kerja untuk membantu memberikan masukan dan mengedit formulir. Anda juga dapat mengambil tautan dan berbagi melalui media sosial atau mengundang orang lain melalui email.

Jika memilih opsi kirim via link, Anda hanya perlu mengklik Copy untuk menyalin link URL ke papan klip Anda. Untuk mendapatkan link URL lebih pendek, klik kotak Shorten URL sebelum klik Copy.

Pada opsi kirim via embed HTML, Anda bisa menyematkan formulir di posting blog atau situs web Anda serta mengatur lebar dan tingginya terlebih dahulu. Setelah selesai, klik Copy untuk menyalin link sematan.

Beberapa jenis pertanyaan dari Google Form dapat disesuaikan dengan tujuan Anda. Berikut ini adalah deskripsi dari setiap jenis pertanyaan dan kapan atau bagaimana menggunakannya.

Short Answer / Jawaban Singkat : Memungkinkan responden untuk memberikan jawaban singkat dengan beberapa kata saja, seperti nama,  alamat email, nama perusahaan atau sekolah, atau beberapa catatan kecil.

Untuk memastikan Anda mendapatkan jawaban sesuai kebutuhan, Anda dapat menetapkan aturan yang harus diikuti responden dalam menjawab pertanyaan, yaitu  dengan validasi input data.

Paragraph / Paragraf : Memungkinkan responden memasukkan jawaban yang lebih panjang dengan satu atau lebih paragraf. Anda dapat menggunakan jenis pertanyaan ini untuk mendapatkan umpan balik pelanggan, instruksi pengiriman khusus, atau penjelasan masalah produk.

Multiple Choice / Pilihan Ganda : Merupakan kolom default untuk pertanyaan baru dalam Google Form yang membatasi responden dengan satu jawaban. Gunakan fitur ini untuk daftar jawaban kecil seperti pertanyaan kuis, memilih waktu appointment atau memilih hadiah.

Checkboxes  / Kotak centang : Memungkinkan responden memilih lebih dari satu jawaban dari daftar pertanyaan. Anda dapat menggunakan untuk memilih merek produk yang digunakan, beberapa jenis hewan peliharaan atau perangkat yang dimiliki.

Dropdown : Membatasi responden dengan satu jawaban, di mana responden memilih jawaban dari serangkaian pilihan di menu drop-down, tidak seperti jenis Multiple Choice. Dapat digunakan untuk memilih nama karyawan, negara atau kota, atau karier atau jenis bisnis.

File Upload / Unggah File : Memungkinkan responden untuk mengunggah file sebagai tanggapan terhadap pertanyaan. Anda dapat menyesuaikan jenis file, jumlah file dan ukuran maksimum file. Anda dapat menggunakan ini untuk tugas pendidikan atau tim proyek.

Linear Scale / Skala Linear : Untuk pertanyaan di mana responden dapat memilih dari skala bernomor. Pilih skala dari satu hingga 10 dan tambahkan label ke angka terendah dan tertinggi jika Anda mau. Ini bagus untuk survei kepuasan, umpan balik, atau pendapat.

Multiple Choice Grid / Kotak Pilihan Ganda : Untuk baris dan kolom kotak, pilih jenis ini. Responden dapat memilih beberapa jawaban di satu tempat, tetapi hanya satu per baris.

Checkbox Grid / Grid Kotak centang : Ini mirip dengan Multiple Choice Grid tetapi  responden dapat memilih satu atau lebih jawaban per baris.

Date / Tanggal : Responden harus memilih tanggal sebagai jawaban atas pertanyaan. Standarnya adalah hari, bulan, dan tahun. Secara opsional, Anda dapat memasukkan waktu dalam jawaban responden.

Time / Waktu : Jika Anda ingin responden memilih waktu dan durasinya untuk salah satu pertanyaan Anda, mereka cukup memasukkan jam dan menit, kemudian memilih AM atau PM dari daftar drop down.

Cara Menyimpan Respon di Google Sheets

Google Form menyimpan setiap jawaban dari responden secara otomatis. Secara default, setiap jawaban dari responden akan disimpan di tab Responses dan dilakukan pembaruan secara real time ketika responden menjawab pertanyaan. Di bagian ini akan ditampilkan grafik ringkasan dan daftar jawaban.

Namun jika formulir Anda memiliki banyak respon dan ingin cara yang lebih mudah dan mendalam dengan banyak alat untuk menganalisis data nantinya, maka Anda dapat menautkan formulir ke spreadsheet Google Sheets. Dengan data formulir Anda di spreadsheet, Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi Google Sheets sehingga dapat menghitung nilai atau membuat grafik khusus untuk memvisualisasikan data Anda

Untuk melakukan ini, pilih tab Responses di formulir Anda, dan kemudian klik ikon spreadsheet yang berwarna hijau atau klik Select Response Destination / Pilih Tujuan Respon di menu di sebelah kanan, lalu buat spreadsheet baru atau pilih yang sudah ada untuk menyimpan jawaban. Ketika responden menjawab setiap pertanyaan dalam formulir, tanggapan mereka secara dinamis muncul di spreadsheet Google Sheet yang dipilih.

Google Form selalu menyimpan salinan lengkap dari semua data formulir Anda. Jadi jangan khawatir jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu dari spreadsheet. Cukup buka pengaturan tab Responses dan putuskan tautannya dari spreadsheet Anda, atau klik menu di sebelah kanan lalu klik Unlink Form di dalam spreadsheet. Selanjutnya sambungkan kembali formulir ke spreadsheet Anda dan formulir Google akan menambahkan semua data formulir kembali ke lembar baru.

Demikian penjelasan singkat Rock Away Summer mengenai cara membuat Google Form paling mudah, baik di komputer maupun hp android. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *