Cara Membuat Grup WA Dengan Mudah Dan Triknya

5 min read

cara membuat group WA

Kemajuan teknologi saat ini telah banyak mengubah kebiasaan banyak orang di dunia. Sekarang bersosialisasi, bergaul dan berkumpul dengan keluarga, teman, rekan kerja, teman sekelas dan semua orang dalam komunitas Anda tidak harus dilakukan dengan bertemu secara fisik. Karena dengan teknologi digital memungkinkan Anda bisa berkomunikasi secara bersama-sama dalam waktu yang sama tanpa harus ketemu langsung. 

Teknologi digital tersebut salah satunya adalah WhatsApp yang sudah sukses mengubah kebiasaan banyak orang. WhatsApp telah benar-benar menjadi penyelamat bagi banyak orang, sebagai media untuk berkomunikasi dengan semua orang, keluarga, teman, kolega di tempat kerja, vendor, dan banyak lagi.

Sejak diluncurkan, WhatsApp telah memperkenalkan banyak fitur bermanfaat yang sangat membantu penggunanya. Salah satunya adalah Grup WA yang memungkinkan seseorang membuat grup dengan anggotanya dan memiliki obrolan grup dengan sesama anggotanya. Dengan grup WA, Anda bisa bersosialisasi, berkumpul dan berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus tanpa harus bertemu langsung.

Grup WA sekarang menjadi fitur penting bagi pengguna WA. Dan semua pengguna WA pasti tergabung dalam grup WA, karena ada banyak kumpulan grup WA bermunculan. Apakah itu grup WA keluarga, grup WA teman sekolah, grup WA alumni sekolah, grup WA komunitas, grup WA lucu, grup WA dewasa dan lain sebagainya.

Saking banyaknya grup WA yang Anda ikuti, kadang-kadang Anda mungkin ingin keluar dari grup WA tapi merasa tidak enak dan ingin mengetahui cara keluar dari grup WA tanpa orang lain dalam grup tersebut tahu. Atau mungkin Anda saat ini ingin mengetahui Cara Membuat Grup WA. Beberapa grup WA yang Anda bergabung di dalamnya tentunya ada yang bermanfaat atau mungkin justru Anda bisa terganggu dengan grup WA tersebut.

Manfaat Grup WA

Berikut ini adalah beberapa manfaat gabung di grup WA :

1. Menjaga dan Menyambung silaturahmi

Dalam grup WA Anda tetap bisa melakukan silaturahmi dengan kerabat dan  teman-teman Anda. Bahkan Anda juga bisa menyambung tali silaturahmi kembali dengan teman lama atau kerabat yang lama tidak bertemu. Selain itu Anda juga bisa menambah banyak kenalan baru dengan mendapatkan kontak dari member lain di grup secara mudah.

2. Berbagi Informasi Penting

Grup WA sering digunakan sebagai sharing berbagai informasi penting. Kita sering melihat informasi berkembang sangat cepat melalui grup-grup WA, baik yang dikirim langsung oleh member grup atau merupakan hasil dicopas dari grup lainnya. Anda bisa mendapatkan info-info penting terbaru dengan sangat cepat, yang tentunya bermanfaat bagi Anda.

3. Sebagai tempat koordinasi

Dengan grup WA memungkinkan Anda bisa berkoordinasi dengan teman atau tim Anda meskipun terpisah jarak dan waktu. Anda bisa berkoordinasi untuk merencanakan kegiatan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan bersama teman-teman atau tim Anda.

4. Sarana Untuk Hiburan

Ada grup WA yang ramai tapi ada juga grup WA sepi. Postingan-postingan dalam grup kadang bisa membuat Anda merasa terhibur, misalnya posting yang membahas topik lucu, baik berupa cerita, foto, video, meme atau stiker.

Namun selain manfaat-manfaat tersebut, seringkali grup WA juga bisa merugikan bahkan mengganggu Anda. Ada banyak grup WA yang menyebalkan karena sering digunakan untuk menyebarkan berita-berita hoax atau info-info yang tidak jelas.

Para member cuma asal copas info tanpa berusaha mencari referensi yang jelas. Atau yang sering terjadi juga adalah menggunakan grup tidak sesuai peruntukannya, misal jualan atau promosi di grup yang bukan untuk promosi.  Padahal admin sudah membuat peraturan grup WA agar dilarang promosi, tidak menyebarkan berita hoax dan membahas politik dan informasi yang berbau SARA.

Apa itu Grup WhatsApp ?

Di halaman resmi WhatsApp, grup WhatsApp disebut sebagai Chat Group yang memungkinkan Anda tetap terhubung dengan orang-orang yang penting bagi Anda. Dengan chat group, Anda dapat membagikan pesan, foto, dan video hingga 256 orang sekaligus, karena member grup WA maksimal adalah 256 orang.

Beberapa fitur yang perlu Anda ketahui tentang Chat Grup :

  • Anda bisa membuat grup WhatsApp sebanyak-banyaknya.
  • Setiap grup WA bisa memiliki satu atau lebih admin
  • Admin dapat menambahkan atau mengeluarkan member, sedangkan member tidak bisa.
  • Admin dapat menunjuk member menjadi admin.
  • Jika admin terakhir keluar dari grup, seorang admin baru akan ditunjuk secara acak.
  • Anda bisa bergabung ke sebuah grup dengan ditambahkan oleh admin grup atau melalui tautan grup
  • Anda selalu bisa berpartisipasi pada sebuah Chat Grup dan bisa keluar grup kapan saja.

Cara Membuat Grup WhatsApp

Cara buat grup WA dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka WhatsApp di ponsel Android Anda.
  • Di layar WhatsApp klik titik tiga di kanan atas layar untuk membuka menu dan pilih opsi Grup baru.
  • Maka akan ditampilkan daftar semua kontak WA yang bisa Anda masukkan sebagai anggota grup. Pilih beberapa kontak yang ingin Anda tambahkan di grup baru Anda lalu klik tombol panah yang tersedia di kanan bawah.
grup WA 1
cara membuat grup WA
  • Selanjutnya Anda sudah berada dalam pengaturan grup, masukkan Subjek grup yang merupakan nama grup dan atur gambar profile grup. Klik tombol centang
  • Grup WA berhasil dibuat dan muncul di daftar obrolan Anda, klik untuk mengakses dan mengobrol dengan anggota grup.
grup WA 2
cara membuat grup WA

Beberapa Trik Grup WhatsApp

Undang Member Grup Dengan Tautan

Cara masuk grup WA saat ini juga bisa dilakukan melalui tautan yang dibagikan oleh admin atau member grup. WhatsApp mempunyai fitur yang memudahkan sesorang bergabung dengan grup WA tanpa melalui admin. Seringkali pembuat grup tidak memiliki semua nomor kontak orang yang akan dimasukkan grup. Untuk mengatasi ini admin dapat membagikan tautan undangan grup kepada anggota lain yang kemudian dapat meneruskan tautan tersebut ke lebih banyak orang.

Cara membagikan tautan grup WA, buka grup di mana Anda menjadi admin, klik titik tiga di kanan atas lalu pilih Info grup, klik opsi Undang via tautan. Pada layar berikutnya, pilih cara untuk membagikan tautan, baik via WhatsApp, Salin tautan atau Bagikan tautan via media lainnya.

grup WA 3
cara membuat grup WA

Dengan membagikan tautan maka anggota grup bisa meneruskan tautan kepada teman-teman lainnya, sehingga bisa mengundang ke grup WA tanpa melalui admin lagi. Hanya admin yang bisa membuat tautan untuk grup, tetapi siapa pun bisa meneruskannya. Jika Anda ingin stop orang lain bergabung ke grup, Anda dapat menghentikan dengan klik opsi Tarik kembali tautan.

Membisukan Notifikasi Grup

Jika Anda telah bergabung di suatu grup WA yang menjengkelkan dan tidak ingin menerima notifikasi pesan terus menerus, Anda dapat membisukan tanpa harus meninggalkan grup.

Caranya pilih grup WA yang ingin Anda bisukan, tahan agak lama pada grup tersebut sampai tercentang, lalu klik ikon Bisukan (speaker dicentang) di bilah atas. Pilih bisukan notifikasi untuk 8 jam, 1 minggu atau 1 tahun laluklik OK.  Anda juga dapat membisukan grup melalui halaman Info grup.

grup WA 4

Memeriksa Status Baca Pesan

Mirip dengan obrolan individual, Anda juga dapat memeriksa status baca pesan yang telah Anda bagikan ke grup. Status baca pesan hanya tersedia untuk pesan yang Anda kirim ke grup. Anda bisa melihat dua jenis laporan pengiriman, Dilihat oleh (Read by) dan Tersampaikan ke (Delivered to).

Segera setelah pesan dikirim ke grup, nama anggota akan muncul di bawah Delivered yang menunjukkan pesan telah terkirim kepada anggota tersebut tetapi belum dibaca / dilihat. Jika pesan telah dibaca maka namanya akan berpindah ke label Dilihat oleh. Selain itu Anda dapat melihat berapa kali pesan Anda diteruskan di bagian Diteruskan (Forwarded).

Untuk melihat status baca pesan, klik dan tahan pesan terkirim Anda di grup, lalu klik tiga titik di kanan atas dilanjutkan dengan klik Info sehingga membuka layar yang berisi informasi status pengiriman.

grup WA 5

Memulai Obrolan Pribadi

Untuk mengirim pesan pribadi kepada anggota grup dari dalam grup itu sendiri, cukup klik nama atau nomor mereka dalam obrolan. Jika orang tersebut belum masuk ke daftar kontak Anda, maka Anda akan melihat pop-up dengan beberapa opsi, yaitu Tambahkan ke kontak, Tambahkan ke kontak yang sudah ada, Chat, Panggilan suara dan Panggilan video ke nomor tersebut. Pilih misal Chat untuk memulai percakapan secara pribadi.

grup WA 6

Cari Pesan, Tautan Dan Dokumen Di Grup

Anda bisa menemukan pesan obrolan, tautan atau media di dalam grup dengan mudah menggunakan fitur pencarian di grup WA. Klik ikon tiga titik di layar obrolan grup atau pribadi, lalu klik Cari. Ketikkan kata kunci pencarian Anda lalu tekan ikon search di keyboard ponsel Anda. Gunakan panah di sebelah kotak pencarian untuk pindah ke kata berikutnya. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat dengan mudah menemukan pesan-pesan lama, tautan atau dokumen.

grup WA 7

Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

  • Langkah pertama cara keluar dari grup WA tanpa diketahui oleh anggota grup lainnya adalah mengubah nomor WhatsApp dengan nomor lain. Namun pastikan bahwa nomor pengganti masih aktif dan belum pernah didaftarkan ke WhatsApp.
  • Buka WhatsApp lalu klik tombol tiga titik di kanan atas, kemudian pilih Setelan / Settings
  • Masuk ke halaman profil pilih Akun lalu pilih Ubah Nomor
  • Kemudian masukkan nomor WhatsApp lama Anda dan nomor pengganti. Pastikan kedua nomor masih aktif.
  • Jika telah berhasil diubah, buka menu Pengaturan di ponsel Anda kemudian pilih Program Manager atau Manager Aplikasi, cari WhatsApp dan pilih Clear Data, maka data WhatsApp dengan nomor baru dihapus.
  • Tunggu sekitar 15 menit kemudian Anda bisa masuk lagi ke WhatsApp dengan nomor lama.  Dengan cara ini, grup terdaftar mengunakan nomor pengganti dan bukan nomor WhatsApp lama Anda. 
  • Artinya Anda bisa keluar grup WA tanpa ada yang mengetahui.

Itulah pembahasan Rock Away Summer mengenai cara membuat grup WA dengan mudah beserta trik-trik dalam menggunakan grup WA. Masih banyak trik yang bisa Anda lakukan dengan grup WA yang belum dijelaskan di sini. Karena WhatsApp selalu memperbarui fitur-fiturnya, sehingga tips dan triknya juga selalu berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *