Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Cara Menggabungkan File PDF Mudah dan Gratis

6 min read

Cara menggabungkan file pdf

Terkadang kebutuhan pengurusan digital mengharuskan Anda untuk menggabungkan beberapa file PDF yang sebenarnya terpisah menjadi satu. Untuk masyarakat awam, hal ini tentu saja cukup membingungkan bukan?

Anda tidak perlu khawatir, Cara Menggabungkan File PDF sebenarnya cukup mudah.

PDF atau Portable Document Format merupakan dokumen atau berkas yang saat ini sangat umum digunakan oleh siapapun. Dari berbagai ebook, dokumen digital, hingga berbagai dokumen pemerintah resmi kini sudah beralih menjadi format PDF yang tadinya Word.

Format tersebut dikembangkan oleh Adobe System untuk menunjang kebutuhan pengguna yang semakin kompleks mengenai dokumen digital. PDF menampilkan file berbentuk 2D yang telah mencakup gambar, teks maupun grafik vektor 2D.

Sayangnya, PDF tidak mudah diubah atau digabungkan dengan mudah layaknya dokumen dengan format word.

Dokumen PDF hanya dapat diubah atau diedit menggunakan software atau aplikasi khusus, maupun melalui situs tertentu. Yang dimaksud diubah adalah memperkecil ataupun menggabungkannya menjadi satu.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui Smartphone maupun PC atau laptop. Anda ingin tahu bagaimana caranya?

Yuk langsung cek saja, pada artikel berikut ini Rockawaysummer meringkas beberapa cara menggabungkan file PDF dengan mudah.


Menggabungkan File PDF di Android

Menggabungkan file PDF yang terpisah di smartphone dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi yang tersedia pada Google Play. Banyak sekali aplikasi yang menyuguhkan fitur yang dapat Anda gunakan secara gratis. Salah satunya yaitu Xodo Docs – PDF Reader.

CARA MENGECILKAN UKURAN PDF

Melalui Xodo Docs – PDF Reader

Aplikasi Xodo Docs–PDF Reader merupakan aplikasi yang menyuguhkan fitur untuk mempermudah dan mempercepat Anda dalam menggabungkan beberapa file PDF.

Aplikasi tersebut dapat membaca dan mengedit file PDF dengan mudah dan cepat. Lalu bagaimana caranya?

Berikut cara menggabungkan file PDF di Android melalui aplikasi Xodo Docs – PDF Reader:

  • Pertama, jalankan aplikasi Xodo Docs – PDF Reader pada hp Anda. Jika belum memilikinya, silahkan download dari Google Play Store ya.

  • Setelah aplikasi terbuka, maka akan secara otomatis menampilkan file berformat PDF yang terdapat pada hp tersebut.

  • Lalu pilih file yang ingin Anda gabungkan. Caranya dengan menekan atau menandainya, file yang telah tertandai akan berwarna abu-abu.

  • Jika file sudah terpilih dan tertandai, kemudian pilih menu hamburger (titik 3) pada bagian kanan atas. Lalu pilih “Merge”

  • Beri nama file tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan. Tekan “OK”.

  • Selanjutnya, tentukan lokasi penyimpanan dan pilih “Select”. Selesai.

Jadi itulah cara menggabungkan file PDF dengan aplikasi Xodo Docs – PDF Reader, mudah dan cepat kan?

Melalui PDF Utils

Selain melalui Xodo Docs – PDF Reader, menggabungkan file PDF di Android juga dapat dilakukan melalui PDF Utils.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi atau software terbaik yang dapat dipasang pada Android Anda, untuk selanjutnya digunakan untuk mengedit, merubah maupun menggabungkan file PDF yang tersimpan pada Android tersebut.

Selain penggunaannya yang mudah, PDF Utils juga tidak memerlukan space yang besar, jadi cukup hemat tempat dan tidak bikin Android lemot ya.

Nah lalu bagaimana cara menggunakannya untuk menggabungkan file PDF? Berikut ini cara menggabungkan file PDF di Android dengan PDF Utils, yaitu:

  • Pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall PDF Utils di Playstore

  • Kemudian jalankan aplikasi PDF Utils yang sudah terpasang dan pilih “Merge PDF/Image”. Lalu pilih file PDF yang akan digabungkan pada memori internal Anda

  • Jika sudah memilih filenya, kemudian pilih “OK” untuk lanjut ke langkah berikutnya

  • Pilih urutan file sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Karena menggabungkan beberapa file, Anda dapat mengatur urutan file tersebut dengan menggunakan ikon garis yang tersedia pada sebelah kanan. Jika sudah, ketuk tanda checklist.

  • Kemudian Anda akan diminta untuk memberi nama file gabungan tersebut. Jika sudah diberi nama, selanjutnya ketuk “OK”

  • Tunggu proses penggabungan selesai. File yang telah tergabung akan otomatis terbuka dengan aplikasi office yang telah terpasang pada Hp Android Anda.

Melalui WPS Office

Aplikasi atau software selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF adalah WPS Office. Sebagian besar orang beranggapan bahwa WPS Office hanya dapat digunakan untuk mengolah word saja. Padahal sebenarnya aplikasi ini memiliki begitu banyak kegunaan, salah satunya ya untuk menggabungkan beberapa file PDF yang terpisah.

Caranya juga cukup mudah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara menggabungkan file PDF di Android melalui WPS Office di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu donwload terlebih dahulu WPS Office pada Playstore.

  • Selanjutnya buka aplikasi dan pilih menu “Tools”
  • Lalu pilih “Document Processor” dan pilih “More”
  • Kemudian pilih “Merge Documents”
  • Langkah berikutnya yaitu memilih file yang akan digabungkan dengan mengetuk “Select Docs”
  • Jika file sudah dipilih, kemudian pilih “Start Merging”
  • Kemudian proses penggabungan file PDF tersebut akan berlangsung secara otomatis. Jika proses sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul notifikasi yang memperlihatkan lokasi penyimpanan file tersebut
  • Terakhir Anda dapat menekan “Open” untuk kemudian membuka dan melihatnya dengan WPS Office.

Jadi itulah beberapa aplikasi serta langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menggabungkan beberapa dokumen berformat PDF menjadi satu. Cukup mudah kan?

 Selain dari HP Android, menggabungkan file PDF juga dapat dilakukan menggunakan laptop atau PC baik secara online maupun Offline.


Menggabungkan File PDF Secara Online

Menggabungkan file PDF dapat dilakukan secara online melalui PC ataupun laptop Anda tanpa harus mengunduh software ataupun aplikasi tertentu. Anda cukup mengunjungi salah satu dari beberapa situs yang memiliki fitur menggabungkan file PDF tersebut.

Kini tersedia begitu banyak situs yang dapat Anda manfaatkan, yang perlu Anda perhatikan adalah sudah terhubung dengan koneksi internet yang cukup bagus agar proses penggabungan file berjalan dengan lancar dan cepat.

Lantas situs apa saja dan bagaimana caranya? Tidak perlu bingung, berikut ini informasi mengenai cara menggabungkan file PDF online.

Melalui Situs Combine PDF

Cara menggabungkan file PDF secara online yang pertama dapat dilakukan melalui Combine PDF.  Adapun caranya yaitu:

  • Pertama, kunjungi situs Combine PDF melalui browser 
    combinepdf menggabungkab berbagai file pdf
  • Selanjutnya unggah semua file PDF yang ingin Anda gabungkan menjadi satu dengan klik “Unggah File”. Combine PDF mampu menggabungkan hingga 20 files sekaligus.

  • Tunggu hingga proses pengunggahan selesai. Jika sudah, klik “Gabungkan”

  • Tunggu sampai proses penggabungan selesai. Jika proses tersebut berhasil maka Combine PDF akan mengunduh file hasil penggabungan secara otomatis.

Nah itulah cara menggabungkan beberapa file sekaligus menjadi satu melalui situs Combine PDF.

Melalui Situs Small PDF

Selain Combine PDF, cara menggabungkan file PDF online juga dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Small PDF. Small PDF dapat Anda akses secara gratis, selain itu tampilannya yang ramah dan sangat mudah digunakan memberikan daya tarik sendiri sehingga situs ini begitu ramai dikunjungi.

Lalu bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggabungkan file PDF melalui situs tersebut? Berikut penjelasannya:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu dengan mengunjungi situs Smallpdf dan pilih Merge PDF yang berwarna Ungu.

  • Kemudian klik “Pilih File” , lalu cari file dan pilih beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan. Pilih file dari PC / laptop atau bisa juga langsung di DropBox maupun Google Drive. Tunggu sampai proses selesai.
    smallpdf menggabungkan file pdf 2
  • Selanjutnya, pilih “Gabungkan PDF” atau “Merge Files” dan tunggu hingga prose penggabungan selesai.

  • Jika sudah selesai dan berhasil, pilih “Unduh File Sekarang” untuk menyimpan hasil penggabungan ke PC maupun Laptop Anda.

Nah, jadi itulah cara menggabungkan file PDF online yang dapat Anda coba. Pilihlah situs yang menurut Anda paling mudah dan efektif sesuai kebutuhan ya.

Artikel Terkait
Cara Kompres PDF
Cara Mengubah PDF ke M.Word
Langkah-Langkah Mengubah JPeG ke PDF

Menggabungkan File PDF Secara Offline

Cara menggabungkan file PDF tidak hanya dapat dilakukan secara offline saja. Namun jika tidak memiliki jaringan internet Anda dapat melakukannya secara offline. Cara menggabungkan file PDF offline dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau software pendukung yang dipasang pada PC Anda.

Ada begitu banyak aplikasi atau software yang dapat Anda pasang dan dimanfanfaatkan untuk menggabungkan beberapa file PDF sekaligus menjadi satu. Kira-kira aplikasi apa saja yang dapat Anda gunakan? Dan bagaimana caranya? Berikut ini informasi selengkapnya.

Melalui Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan software keluaran Adobe System yang dapat digunakan untuk membuat dan mengubah atau mengedit file PDF.

Salah satu yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi ini yaitu menggabungkan file PDF. Berikut ini adalah cara menggabungkan file PDF offline dengan Adobe Acrobat:

  • Beberapa PC biasanya sudah dilengkapi dengan Adobe Acrobat, namun lebih disarankan untuk menginstall versi terbarunya. Yaitu install aplikasi atau software Adobe Acrobat yang versi Standar atau Pro

  • Buka software tersebut, kemudian pilih “Create” pada toolbar utama. Kemudian klik “Create PDF” jika Anda tidak menemukannya, buka “View” dan selanjutnya pilih tombol “Task” dan “Show All Task Buttons”

  • Langkah berikutnya pilih “Combine Files into a single PDF” yang ada pada menu Create. Menu tersebut berfungsi untuk menggabungkan beberapa dokumen atau file yang ada pada komputer Anda menjadi satu

  • Klik “Browse” pada halaman yang muncul, pilih dokumen atau file yang ingin digabungkan. File yang telah terpilih selanjutnya akan masuk pada kotak putih di sebelah kanan

  • Kemudian urutkan dokumen sesuai kebutuhan. Anda juga dapat merapikan datanya dengan menggunakan tombol Move Down, Move Up maupun tombol Remove

  • Setelah selesai mengurutkan dokumen tersebut, pilih “Combine Files” dan klik OK

  • Terakhir simpan file yang telah digabungkan dengan memilih “Save As” dan simpan pada tempat dan dengan nama sesuai keinginan Anda.

Bagaimana, cukup mudah dan cepat kan?

Melalui Icecream PDF Split & Merge

Cara menggabungkan file PDF offline berikutnya dapat dilakukan melalui aplikasi Icecream PDF Split & Merge. Meskipun bukan software keluaran Adobe Systems, namun aplikasi ini cukup bagus dan efektif untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu file PDF.

Apa Anda tahu bagaimana caranya? Ya, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda terapkan, yaitu:

  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Icecream PDF Split & Merge pada PC maupun laptop Anda

  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut , lalu pilih “Add File” dan pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan. Icecream PDF Split & Merge

  • Kemudian urutkan dokumen yang sudah dipilih dengan urutan sesuai dengan yang Anda inginkan atau butuhkan. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan tombol UP ataupun Down. Anda juga bisa menambahkan kata sandi atau password untuk menjamin keamanan terhadap berkas atau dokumen yang telah digabungkan

  • Setelah proses merapikan dan mengurutkan files selesai, selanjutnya klik “Merge” untuk menggabungkan semua file tersebut menjadi satu

  • Tunggu hingga proses penggabungan selesai, klik OK.

Jadi itulah kumpulan beberapa cara menggabungkan file PDF yang dapat Anda jadikan referensi. Cara mana yang menurut Anda paling mudah dan efektif? Cara-cara diatas dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi Anda.

Hal tersebut dapat diterapkan dengan PC atapun laptop, namun jika tidak memungkinkan Anda dapat menggunakan HP Android agar lebih praktis. Dapat dilakukan secara online maupun Offline dengan caranya masing-masing ya.

Masing – masing dari cara di atas memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Semua kembali pada kebutuhan dan keinginan Anda. Untuk menggabungkan file dalam jumlah banyak dan untuk kebutuhan yang cukup kompleks, lebih disarankan untuk menggabungkannya dengan PC atau laptop ya. Selamat mencoba!

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *