Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 7, 8, dan 10

7 min read

cara menyambungkan wifi ke laptop

Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Dengan Mudah

Wifi adalah koneksi jaringan nirkabel yang memungkinkan Anda terhubung ke internet melalui gelombang radio tanpa menggunakan kabel apa pun. Dengan wifi Anda bisa terhubung ke internet nirkabel berkecepatan tinggi dan koneksi jaringan. Banyak orang menggunakan wifi melalui perangkatnya untuk mengakses internet dan bertukar data karena selain cepat dan praktis, biayanya juga terjangkau bahkan gratis.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang mencari wifi atau hotspot gratis. Mungkin paket kuota data Anda terbatas sehingga ingin mengurangi pengeluaran untuk pembelian data seluler. Kemungkinan lainnya bisa saja tempat yang Anda kunjungi berada di luar area jangkauan penyedia layanan internet. Apa pun alasannya, Anda selalu dapat menemukan wifi gratis di dekat Anda. Wifi tersedia di banyak tempat umum, seperti kafe, restaurant, hotel, dan banyak tempat publik lainnya. Teknologi wifi untuk PC dan smartphone sangat populer yang memungkinkan dapat terhubung internet kapanpun dan di manapun .

Namun selalu ada kemungkinan laptop Anda tidak bisa terhubung ke wifi. Ketika Anda membuka laptop untuk mengerjakan beberapa tugas penting dan ternyata laptop tidak bisa konek wifi favorit Anda. Padahal perangkat lainnya seperti ponsel Anda bisa terhubung ke wifi. Alasannya bisa bervariasi dari pengaturan yang salah hingga masalah hardware.

Pada artikel Rock Away Summer ini akan kami bahas Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop, cara menyalakan wifi di laptop termasuk cara menyambungkan wifi ke laptop windows 7 dan cara menyambungkan wifi ke laptop windows 8 dan 10.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara connect wifi di laptop, mulai dengan cara menghidupkan wifi di laptop / cara memunculkan wifi di laptop sampai dengan menyambungkan wifi pada laptop.

Menghidupkan Wifi Di Laptop

Sebelum laptop bisa terhubung dengan wifi tentunya Anda harus menyalakan wifi di laptop terlebih dahulu. Jaringan wifi tersedia tetapi di laptop belum nyala wifinya maka Anda tidak akan pernah bisa menyambungkan wifi ke laptop. Sebagian besar laptop saat ini sudah dilengkapi fasilitas wifi. Ada beberapa cara menyalakan wifi di laptop.

1. Melalui Tombol Wifi

Beberapa laptop memiliki tombol wifi khusus atau sakelar yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan wifi. Tombol wifi biasanya terletak di keyboard atau di bagian samping laptop. Menekan tombol wifi sekali akan menyalakan atau mematikan wifi.

Anda harus memastikan apakah tombol wifi sudah aktif atau belum sehingga bisa menyambungkan wifi ke laptop Anda. Karena ada kemungkinan wifi menjadi non aktif karena Anda tanpa sengaja menekan tombol wifi. Saat wifi diaktifkan, tombol harus menyala biru, atau sakelar harus dalam posisi nyala.

2. Menggunakan Function Key Di Keyboard

Jika Anda tidak menemukan tombol wifi khusus untuk menghidupkan atau mematikan wifi pada laptop, maka Anda bisa menggunakan Function Key (F1, F2, F3 dst) yang terletak di bagian atas keyboard. Function Key biasanya digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada laptop, salah satunya adalah fungsi untuk menghidupkan atau mematikan wifi.

Cara penggunaannya adalah dengan menekan tombol Fn dan tombol function key secara bersamaan. Function key untuk menyalakan wifi pada masing-masing laptop mempunyai letak bervariasi. Ada laptop dengan function key untuk tombol wifi terletak pada F2, F11 atau F12. Anda bisa mencarinya pada tombol yang mempunyai gambar sinyal.

3. Melalui Ikon Wifi di Taskbar Windows / Control Panel

Untuk menemukan ikon wifi atau jaringan internet nirkabel, cari di area taskbar Windows di bagian bawah. Klik kanan dengan mouse pada ikon tersebut dan pilih opsi untuk mengaktifkan atau mematikan wifi di menu pop-up (Enable option). Jika tidak tersedia opsi Aktifkan di menu pop-up, mungkin ada opsi yang disebut Open Network and Sharing Center. Jika demikian, pilih opsi Open Network and Sharing Center ini dan kemudian pilih Change Adapter Settings. Anda akan melihat beberapa ikon untuk daftar Wireless Network Connection, kemudian pilih salah satu yang dapat Anda klik kanan dan pilih opsi Aktifkan (Enable).

Wifi adapter juga dapat diaktifkan melalui Panel Kontrol. Buka menu Control Panel melalui Start Menu kemudian cari dan klik menu Network and Internet > Network and Sharing Center, lalu klik tautan Change Adapter Settings di panel navigasi kiri. Klik kanan pada wifi adapter dan pilih opsi Enable.

Menyambungkan Wifi Ke Laptop

Setelah wifi di laptop berhasil diaktifkan maka langkah selanjutnya adalah menyambungkan laptop ke jaringan wifi yang tersedia untuk mendapatkan akses internet. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengkoneksikan wifi  di laptop agar dapat terhubung ke internet.

1. Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Melalui Taskbar

  • Dari layar windows, klik ikon wifi yang berada di kanan bawah Taskbar.
  • Maka akan muncul jendela Wireless Network Connection
  • Jika laptop belum terhubung wifi, maka di atas ikon wireless tersebut terdapat tulisan Not Connected dan di bawahnya ada tulisan Connections Are Available dan muncul tulisan.
  • Pada bagian bawah lagi akan ditampilkan beberapa opsi hotspot wifi yang dapat dijangkau oleh laptop.
  • Klik salah satu hotspot wifi yang ingin Anda hubungan dengan laptop.
  • Selanjutnya pilih Connect untuk menyambungkan wifi ke laptop.
  • Jika wifi yang Anda pilih dilindungi dengan password, maka akan muncul kotak dialog Security Key. Silahkan masukkan password wifi lalu klik OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai laptop Anda dapat terkoneksi dengan wifi tersebut.
cara menyambungkan wifi ke laptop windows
cara menyambungkan wifi ke laptop windows

2. Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Melalui Control Panel

Cara lainnya untuk menyambungkan wifi ke laptop adalah melalui Control Panel.

  • Buka Control Panel, untuk Windows 7 melalui Start Menu > Control Panel. Untuk Windows 8 ke atas melalui Charm Bar Setting > Control Panel.
  • Selanjutnya pilih Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Kemudian pilih Change Adapter Setting yang terletak di sebelah kiri. Maka akan ditampilkan beberapa ikon seperti ikon LAN (Local Area Network) dan ikon Wireless Network Connection.
  • Selanjutnya klik kanan pada ikon Wireless Network Connection sampai muncul beberapa pilihan. Pilih Connect atau Disconnect untuk menampilkan jendela Wireless.
  • Saat jendela Wireless telah terbuka, maka Anda dapat menemukan daftar hotspot wifi yang dapat dijangkau oleh laptop.
  • Jika wifi yang Anda pilih dilindungi dengan password, maka akan muncul kotak dialog Security Key. Silahkan masukkan password wifi lalu klik OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai laptop Anda dapat terkoneksi dengan wifi tersebut.
cara menyambungkan wifi ke laptop windows 7
cara menyambungkan wifi ke laptop windows 7

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Namun kadang-kadang ada beberapa skenario umum yang menyebabkan laptop tidak bisa konek wifi. Beberapa masalah yang bisa membuat laptop tidak bisa terhubung ke wifi tersebut antara lain :

1. Tidak muncul jaringan hotspot wifi

Jaringan wifi sebenarnya tersedia tetapi laptop Anda tidak bisa menjangkaunya dan tidak muncul dalam daftar jaringan wifi yang tersedia yang dapat Anda sambungkan. Kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah :

  • Anda menonaktifkan tombol wifi tanpa sengaja, sehingga harus segera menyalakannya.
  • Anda mengatur laptop dalam Mode Pesawat sehingga tidak ada koneksi seluler.
  • Anda berada di luar jangkauan sinyal wifi, bisa karena jarak terlalu jauh dari hotspot wifi atau terhalang oleh dinding bangunan yang mengakibatkan penerimaan sinyal kurang sempurna.
  • Laptop Anda tidak bisa terhubung dengan wifi karena mempunyai bandwith berbeda. Karakteristik bandwith yang berbeda, misal laptop hanya mendukung sinyal 2,4GHz tetapi wifi menggunakan sinyal 5GHz sehingga tidak bisa terkoneksi.
  • Jaringan wifi yang ada merupakan jaringan tertutup. Untuk keamanan beberapa jaringan wifi dilindungi dengan password sehingga tidak semua orang bisa mengkoneksikan perangkatnya dengan wifi tersebut. Anda harus mengetahui  username dan password sebelum bisa terkoneksi.
  • Jaringannya wifinya mati. Periksa dengan beberapa perangkat lainnya apakah bisa menggunakan wifi tersebut. Jika tetap tidak bisa mungkin modem wifi perlu di reset ulang atau bahkan diganti.

2. Terkoneksi, tetapi tidak ada akses internet

Periksa IP address apakah sudah benar sesuai dengan IP adress dari modem Anda.

Jika terjadi masalah dengan koneksi Anda, biasanya ikon wifi muncul disertai dengan tanda seru. Anda perlu menelusuri status atau pengaturan jaringan.

Buka Pengaturan> Jaringan & Internet, lalu pilih adaptor Wi-Fi.

Jika alamat IP pada perangkat Anda untuk jaringan IPv4 (satu set empat angka yang dipisahkan oleh titik) dimulai dengan 169.254, maka itu adalah alamat yang ditetapkan sendiri, yang menunjukkan OS Anda tidak dapat menerima penugasan dari DHCP jaringan lokal (Dynamic Host Server Configuration Protocol).

Namun, sebelum berasumsi bahwa jaringannya salah, periksa pengaturan firewall laptop Anda. Beberapa firewall mencegah koneksi ke jaringan wifi baru dan mengarahkan lalu lintas ke atasnya tanpa entri eksplisit. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus menerima prompt yang memperingatkan tentang jaringan baru dan meminta Anda menyetujuinya. Setelah Anda menghilangkan gangguan dari firewall atau filter lain, Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa memang jaringannya yang bermasalah.

3. IP Adress valid tetapi tidak bisa dimuat

Buka browser dan coba muat halaman apa saja, seperti jurnalmanajemen.com, dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda melihat pemuatan dan pengalihan dimulai,  lihat bidang lokasi di browser Anda dan lihat apakah domain atau alamat IP berubah, maka kemungkinan ada sesuatu yang memblokir pada sistem Anda.

Jika tidak ada yang dimuat di browser, berkonsultasilah dengan ahlinya. Anda mungkin perlu mendapatkan password, membayar, atau menggunakan konfigurasi khusus.

4. Koneksi jaringan tidak stabil

Ada empat penyebab utama yang menyebabkan kinerja wifi dan akses jaringan yang tidak stabil, yatu koneksi broadband yang tidak menentu, jarak dari BTS, BTS  sedang bermasalah, dan jaringan lokal yang padat.

5. Tidak bisa terkoneksi meskipun sudah memasukkan password dengan benar

Jaringan wifi yang membutuhkan nama pengguna dan password akan menolak perangkat Anda untuk koneksi jika Anda memasukkannya dengan tidak benar. Tetapi bagaimana jika Anda yakin bahwa  nama pengguna dan password  yang Anda masukkan sudah benar tetapi tetap tidak bisa connect?

Periksa kembali apakah Anda diberi password  yang benar, huruf besar dan kecilnya termasuk kombinasi angkanya harus sama.  Pastikan Anda memilih jaringan wifi yang benar. Di beberapa tempat, Anda akan bersaing dengan puluhan atau lebih jaringan wifi yang diberi nama secara terpisah, dan Anda mungkin telah memilih satu jaringan yang mirip dengan jaringan yang Anda inginkan. Beberapa bisnis dan hotspot wifi menjalankan jaringan tamu dengan nama hanya sedikit berbeda dengan jaringan pribadi dan internal mereka.

Jaringan dan router / modem kelebihan beban dengan firmware yang tidak berfungsi mungkin menolak koneksi, meskipun Anda sudah memasukkan password dengan benar. Reboot router / modem Anda, jika perlu konsultasikan dengan operator jaringan internet Anda.

6. Perangkat berulang kali bergabung kembali dengan jaringan yang salah

Sebagian besar sistem operasi modern menyimpan daftar setiap jaringan wifi yang pernah Anda koneksikan. Beberapa diantaranya juga menyinkronkan akses, sehingga ketika Anda terhubung dengan suatu jaringan wifi pada satu perangkat, maka secara otomatis semua perangkat lainnya seperti ponsel, tablet, laptop dan komputer juga bisa langsung terhubung tanpa harus login terlebih dahulu.

Jika ada jaringan wifi yang sudah tidak perlu Anda hubungkan lagi, klik masing-masing dan pilih lupa. Saat perangkat Anda pernah terhubung dengan jaringan wifi yang lemah meskipun hanya sekali, dan Anda mungkin telah mencoba melupakannya, tetapi seringkali masih tetap muncul di perangkat lainnya. Jadi terus hapus dari setiap perangkat yang Anda gunakan sampai tidak muncul lagi.

Anda dapat mengelola jaringan wifi dengan cara klik ikon Network, pilih Manage Wi-Fi Settings, lalu pilih Manage Known Networks.

7. Masalah Pada Driver Adaptor wifi

Adaptor wifi bisa mati begitu saja, apa pun perangkat yang digunakan. Sebelum menyerah, menginstal ulang sistem operasi bisa menjadi cara terakhir untuk melihat beberapa penyebab masalah tersebut, mungkin dari driver yang rusak sampai hardware yang rusak.

Terkadang adaptor wifi Anda mungkin mengalami konflik dengan perangkat lain dan gangguan daya, akibatnya laptop Anda tidak akan terhubung ke wifi. Jika ini masalahnya, Anda bisa menyelesaikannya dengan mengatur ulang driver wifi dengan langkah-langkah mudah berikut ini :

  • Pada keyboard tahan tombol logo Windows lalu tekan Pause secara bersamaan.
  • Klik Device Manager.
  • Klik dua kali Network adapters, kemudian klik kanan pada software driver wifi Anda dan pilih Uninstall device .
  • Restart laptop Anda.
  • Setelah laptop Anda melakukan booting, tunggu beberapa detik untuk melihat apakah sudah bisa terhubung ke wifi. Jika masih tidak terhubung ke wifi, mungkin ada hal lain yang dapat Anda coba, seperti memperbarui driver Anda.

Driver wifi yang lama atau rusak dapat menghambat laptop terhubung ke wifi. Anda dapat memperbarui driver wifi ke versi terbaru untuk menyelesaikan masalah jaringan wifi dan meningkatkan kinerja laptop Anda.

Sebelum mengunduh driver apa pun, pastikan terlebih dahulu tentang merek dan model laptop Anda. Usahakan gunakan situs web resmi perusahaan laptop Anda untuk mendapatkan versi driver yang paling sah dan terbaru. Jika memilih untuk mendapatkan driver dari situs pihak ketiga, Anda memiliki risiko mengunduh software yang berpotensi berbahaya. Selalu unduh software hanya dari situs web yang Anda percayai.

Meskipun demikian, terkadang perusahaan laptop mungkin tidak memberikan pembaruan untuk perangkat wifi Anda. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkannya dari tempat lain secara online :

  1. Klik Start, ketikkan Device Manager di bidang pencarian
  2. Klik dua kali Device Manager maka akan muncul daftar beberapa menu
  3. Pilih dan klik dua kali Network Adapters, lalu cari nama Adaptor Nirkabel Anda dari daftar.
  4. Klik kanan Wireless Adapter Anda lalu pilih Properties.
  5. Klik tab Driver pada jendela yang muncul.
  6. Fokuskan pada rincian dari Driver Provider dan Tanggal Driver. Salin atau tuliskan di tempat lain.
  7. Sambungkan ke internet menggunakan metode berbeda atau pada perangkat lain dan cari situs web penyedia driver.
  8. Kunjungi situs web penyedia driver dan cari versi terbaru driver Anda. Pastikan tanggal rilis lebih baru dari Tanggal Driver Anda.
  9. Jika tidak ada driver yang diperbarui di situs web penyedia driver, atau jika penyedia driver Anda tidak memiliki situs web, kembali ke jendela Adapter Properties Anda.
  10. Klik pada tab Detail.
  11. Pilih ID Hardware dari daftar properti.
  12. Klik kanan ID pertama dan pilih copy.
  13. Paste ID ini di mesin pencari Anda dan temukan situs web yang memiliki driver tersebut.
  14. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menginstalnya di laptop Anda. Sekali lagi, pastikan Anda hanya mengunduh perangkat lunak dari situs web yang terpercaya.
  15. Setelah driver diperbarui, restart laptop Anda dan coba sambungkan kembali ke jaringan wifi Anda.

Demikian pembahasan mengenai cara menyambungkan wifi ke laptop dengan mudah beserta cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *