Fungsi Menu Pengembang Pada Android

 915 total views

Fungsi Menu Pengembang Pada AndroidPada dasarnya, mode pengembang tidak ditujukan untuk pengguna smartphone Android pada umumnya. Google selaku penyedia fitur ini agar pengembang aplikasi Android dapat melakukan pengujian setelah aplikasi dikembangkan. Dalam beberapa kondisi, fitur ini masih dibutuhkan oleh sebagian orang untuk keperluan tertentu.

Jika Anda ingin mencobanya, cara mengaktifkan opsi pengembang untuk ponsel Android dapat membantu. Opsi pengembang biasanya juga digunakan untuk melakukan USB Debugging, OEM Unlock dan lain-lain. Dengan mengaktifkan opsi pengembang, Anda akan mendapatkan akses ke perekam layar untuk meningkatkan kinerja game berat. Jadi inilah manfaat dan Fungsi Menu Pengembang Android

Manfaat Opsi Pengembang Android

Manfaat developer mode bisa dilihat dari setiap menunya, menu ini bisa kamu gunakan untuk mengubah dan men-tweak berbagai pengaturan khusus di ponsel Android agar sistem bisa bekerja lebih maksimal. Mulai dari pengaturan otorisasi debugging USB, koneksi, tampilan layar, animasi sistem, proses rendering perangkat keras, terutama GPU hingga opsi untuk kinerja sistem dan aplikasi yang berjalan di ponsel Android Anda.

Fungsi Opsi Pengembang Android

Secara fungsi, fitur-fitur yang ada pada developer options adalah untuk memaksimalkan atau menyesuaikan ponsel Android agar mendapatkan performa yang maksimal baik secara umum maupun dari segi fitur developer untuk melakukan berbagai pengujian.

Artinya, Anda dapat memanfaatkan beberapa fungsi untuk memaksimalkan atau mengelola ponsel Android Anda. Berikut adalah fungsi dari mode pengembang atau Android Developer Options berdasarkan menu yang tersedia dan umum digunakan.

Related Post :   12 Aplikasi Membuat CV Online dan Offline Gratis Terbaik [Profesional]

Debugging – Fungsi Menu Pengembang Pada Android

Fungsi opsi pengembang debugging adalah menu yang memungkinkan Anda merekam berbagai izin aplikasi. Sistem ini akan secara otomatis men-debug, setiap informasi yang terkait dengan perangkat akan dikumpulkan dan menjadi laporan. Fitur ini sangat berguna bagi pengembang untuk menguji aplikasi dan mendapatkan laporan bug.

Background Process Limit

Manfaat Batas Proses Latar Belakang adalah membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang atau latar belakang pada satu waktu. Baik mencegah semua proses berjalan di latar belakang atau membatasi proses ke jumlah tertentu.

Jika Anda memilih opsi ini, semua aplikasi Anda akan dihentikan setelah selesai. Fitur ini dapat digunakan untuk menghemat jumlah RAM yang berjalan atau sumber daya Android. Namun hal ini juga akan menyebabkan perpindahan aplikasi ke aplikasi lain menjadi lebih lambat karena aplikasi akan dimuat dari awal saat Anda membuka kembali aplikasi sebelumnya.

USB Debugging

Fungsi USB debug adalah menjadi jembatan komunikasi port usb ponsel dengan PC melalui koneksi Android Debug bridge (ADB). Hal inilah yang memungkinkan Android menjalin komunikasi antara perangkat dan komputer sesuai perintah ADB.

Jika fitur ini diaktifkan, sistem telepon akan secara otomatis mengotorisasi PC atau laptop yang terhubung melalui USB atau secara nirkabel melalui Wireless Debugging. Secara umum, fitur ini sering diaktifkan untuk mem-flash ulang Android atau menguji aplikasi untuk pengembang.

Stay Awake

Tetap terjaga berfungsi untuk memaksa layar Android menyala dalam waktu lama, Atau membuat perangkat Android tetap terjaga setiap saat bahkan saat mengisi daya atau saat terhubung ke port USB komputer.

Sarannya jika tidak terlalu membutuhkan jangan gunakan menu ini kecuali memang perlu! Selain opsi layar tetap terjaga, beberapa menu pengembang juga memiliki menu yang mengatur kondisi layar agar tetap menyala hanya dalam keadaan tertentu, misalnya saat mengisi daya layar hanya akan terus menyala.

Related Post :   Ini Dia 3 Aplikasi Perekam Layar Android Saat Ini

Window Animation Scale

Skala Animasi Jendela adalah lamanya waktu yang dibutuhkan Android untuk menjalankan jendela sembul. Fungsi dari developer option ini adalah untuk mengatur kecepatan sistem animasinya. Dimana kamu bisa mengaturnya sesuai dengan pilihan atau kondisi Android. Semakin rendah jumlah skala 1x, semakin sedikit waktu yang diberikan untuk animasi, semakin cepat animasi.

Jika Anda mengaturnya lebih tinggi ke skala 10x maka Anda akan membutuhkan waktu lama untuk memunculkan animasi jendela sembul. Fitur ini dapat membantu perangkat Android lebih cepat. Caranya adalah dengan menonaktifkan animasi perangkat agar tidak ada efek transisi saat melakukan tugas tertentu.

Transition Animation Scale

Skala Animasi Transisi pada dasarnya sama dengan Skala Animasi Jendela, tetapi lebih ditujukan untuk transisi antar layar sistem, seperti antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya atau saat meluncurkan aplikasi dari layar beranda.

Animator Duration Scale

Fungsi Animator Duration Scale pada dasarnya hanya mengontrol kecepatan loading animasi. Semakin rendah jumlah skala, semakin sedikit waktu yang diberikan untuk animasi, animasi akan lebih cepat dan kinerja Android akan lebih ringan.

Video Opsi Pada Android

Berikut ini kami sediakan berupa video apakah Opsi mengambang pada Android ini berbahaya hingga saat ini digunakan

Demikian ulasan tentang, Fungsi Menu Pengembang Pada Android. Semoga bermanfaat.