Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

18 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Dan Laptop

10 min read

Cara Mempercepat Koneksi wifi

Kita berada di era di mana  semua orang menginginkan  kecepatan internet super cepat. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat terhadap browsing, streaming, dan download yang semakin meningkat. Untuk mendukung hal tersebut selain harus tersedia data seluler juga perlu adanya jaringan wifi yang memadai.

Pada kenyataannya, manusia sebagai pengguna teknologi membutuhkan akses ke koneksi wifi yang dapat diandalkan untuk dapat mengakses internet dengan cepat.

Dalam bisnis, koneksi internet yang lebih cepat akan membantu untuk meningkatkan keuntungan yang lebih besar, karena tanpa akses yang cepat ke data perusahaan, maka produktivitas akan menurun bahkan terhenti.

Namun, ada kalanya kecepatan wifi menjadi lambat dan tidak stabil. Sebagaimana kita ketahui bahwa wifi mempunyai jangkauan dengan jarak terbatas.

Jadi jika koneksi wifi Anda lebih lambat dari biasanya, mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya  dan cara memperbaikinya pun sebenarnya tidaklah rumit. Untuk memperbaikinya Anda harus bisa mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan kecepatan wifi menjadi lambat.

Jarak antara router dan perangkat, adanya dinding penghalang dan posisi router, bisa mempengaruhi kecepatan wifi.

Kecepatan koneksi juga dapat dipengaruhi oleh umur router, kualitas router dalam mengambil dan memancarkan sinyal serta berapa banyak perangkat yang terhubung.

Dalam beberapa kasus, turunnya kecepatan koneksi wifi karena juga karena penyedia layanan internet (ISP) Anda sedang mengalami gangguan.

Faktor Penghambat Kecepatan Wifi

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan kecepatan wifi menjadi lambat :

1. Penempatan Router Pada Posisi Yang Tidak Tepat

Salah satu masalah yang sering mempengaruhi kecepatan wifi adalah jarak perangkat dari router. Orang cenderung menempatkan router di tempat jauh dan tersembunyi yang berarti Anda tidak mungkin mendapatkan kekuatan sinyal bagus untuk koneksi internet yang stabil.

2. Bandwidth Tidak Cukup

Alasan lain koneksi wifi lambat adalah kurangnya bandwidth yang disebabkan karena terlalu banyak pengguna yang mengakses wifi tersebut pada saat yang sama.

Sebagian besar aplikasi streaming video dan audio mengkonsumsi banyak data. Dengan kondisi itu, internet menyebar dan dibagikan ke semua perangkat.

Anda menemukan kecepatan internet menjadi sangat lambat di daerah ramai di masa puncaknya, terutama di daerah perkotaan. Ini adalah masalah yang sangat umum di kota-kota di seluruh dunia.

Dalam beberapa kasus, Anda akan memiliki sedikit atau tidak ada koneksi internet juga jika daerah tersebut sangat ramai. Solusi untuk masalah ini adalah mencoba menghindari menggunakan internet selama jam sibuk.

3. Router Usang Atau Bermasalah

Selama dekade terakhir, telah terjadi perubahan signifikan dalam teknologi nirkabel. Bahkan, saat ini sudah banyak menggunakan teknologi koneksi serat optik.

Standar baru dari router telah diberlakukan yang mempunyai kecepatan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Jadi, masalahnya mungkin router yang sudah ketinggalan zaman. Kemungkinan lain adalah karena router yang bermasalah atau rusak sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Gangguan Layanan ISP

Jika layanan dari ISP Anda yang mengalami gangguan maka tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk mengetahui informasi yang jelas sambil menunggu perbaikannya.

APLIKASI PENGUAT SINYAL WIFI

Cara Mempercepat WiFi

Ada banyak informasi dan Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi yang dapat Anda coba, baik cara mempercepat wifi tanpa aplikasi atau software yang berkaitan dengan router dan ISP yang digunakan, cara mempercepat koneksi wifi di android maupun cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Cara cara menambah kecepatan wifi ini bisa digunakan menyesuaikan dengan kondisi Anda.

Kami telah mengumpulkan beberapa tips mudah, murah, dan praktis untuk meningkatkan koneksi wifi yang lebih cepat, termasuk cara mempercepat koneksi wifi indihome, cara mempercepat koneksi wifi id, cara mempercepat koneksi wifi dengan cmd, cara mempercepat koneksi wifi android root, cara mempercepat koneksi wifi pada windows 7 dan cara mempercepat jaringan internet lainnya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai 18 cara mempercepat koneksi wifi di android dan laptop.

Cara Mempercepat Wifi Tanpa Aplikasi Atau Software

Cara mempercepat internet wifi ini berkaitan dengan router /modem dan ISP yang Anda gunakan.

1. Penempatan Router Yang Optimal

penempatan router optimal
penempatan router optimal

Menempatkan router pada posisi yang optimal dapat mempengaruhi jangkauan wifi. Banyak orang tidak menyadari pentingnya posisi router yang baik. Sedikit perubahan posisi dapat membuat perbedaan pada kecepatan sinyal wifi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa semakin jauh perangkat dari router maka semakin lemah sinyal wifi Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menempatkan router dengan posisi yang baik dan dekat jaraknya dengan perangkat sehingga bisa mendapatkan kecepatan wifi yang maksimal.

Menempatkan router pada lokasi sentral di tempat tinggi dalam rumah atau kantor Anda akan meminimalkan gangguan dari gelombang elektromagnetik yang berasal dari perangkat lain yang beroperasi pada frekuensi sama. Letak router di tempat yang tinggi dapat memperluas jangkauan penyebaran sinyal, dan letak router pada posisi sentral memungkinkan setiap bagian area dapat menerima sinyal wifi dengan baik.

Selain itu menempatkan router di ruang terbuka, jauh dari dinding dan penghalang juga memungkinkan untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

2. Merubah Posisi Antena Router

Router mempunyai dua jenis antena, yaitu antena internal dan eksternal.

Jika antena eksternal memiliki lebih dari satu antena, maka rubah posisi antena menjadi tegak lurus satu sama lain. Jika salah satu antena arahnya vertikal maka antena yang lainya arahnya horizontal, sehingga sinyal yang dipancarkan lebih maksimal. Jika router Anda hanya menggunakan antena internal, Anda bisa menambahkan antena eksternal untuk memperkuat sinyal wifi.

3. Matikan Mode Eco Router

Beberapa router memiliki mode hemat daya atau Eco yang aktif secara default. Mode ramah lingkungan ini dapat menghemat daya yang sebenarnya minimal  tetapi akan memperlambat kinerja wifi. Untuk itu cari mode Eco atau mode hemat daya dan matikan melalui pengaturan router. Jika router Anda memiliki pengaturan transmisi otomatis, maka pastikan transmisinya 100 persen.

4. Reset Router

Ini merupakan langkah sederhana untuk mempercepat koneksi internet wifi Anda. Mirip dengan reset komputer untuk memperbaiki masalah yang tidak dikenal, mereset router dapat mengurangi masalah koneksi internet dan meningkatkan kecepatan wifi Anda.

Reset router dapat Anda lakukan dengan menekan dan menahan tombol reset selama beberapa detik. Tombol reset biasanya berada di bagian belakang router. Cara lainnya untuk mereset router adalah dengan melepaskan kabel dari stop kontak, tunggu sekitar setengah menit dan kemudian pasang kembali. Setelah itu cek kecepatan koneksi wifi lagi  apakah itu lebih cepat dari sebelum reset.

5. Upgrade Firmware Router

Firmware router pada dasarnya adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk menjalankan router agar bisa berfungsi dengan baik. Router wifi yang sudah lama Anda gunakan kemungkinan ada pembaruan firmware dari pabrikannya.

Beberapa alasan mengapa pabrikan router melakukan pembaruan firmware adalah karena untuk meningkatkan keamanan dan menambahkan fitur baru ke router.

Pabrikan menambahkan mekanisme keamanan yang sama sekali baru yang tidak ada dalam versi firmware sebelumnya. Selain itu, pabrikan router mungkin telah menemukan cara untuk meningkatkan kinerja keseluruhan router menjadi lebih baik. Tidak memperbarui firmware router Anda dapat menghambat peningkatan kecepatan dann kinerja jaringan wifi secara keseluruhan.

Sebagian besar router saat ini sudah memiliki tombol upgrade firmware untuk melakukan proses pembaruan secara langsung dan cepat. Sedangkan beberapa model router lama masih mengharuskan upgrade firmware dengan mengunduh file firmware melalui situs web produsen.

Artikel Terkait
Cara Membatasi Pengguna Wifi
Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop
Login Wifi Id

6. Gunakan Router Yang Lebih Canggih

Masalah terbesar yang dapat menghambat koneksi wifi di rumah Anda mungkin adalah router yang sudah usang. Teknologi wifi dan internet telah banyak berubah dalam dekade terakhir, dan banyak router yang berusia 5 tahun atau lebih tidak mendukung teknologi yang lebih baru, seperti kecepatan internet lebih dari 100Mbps.

Router wifi terbaru harus memiliki spesifikasi nirkabel 802.11ac yang mendukung dual-band 2.4GHz dan 5GHz. Jika router wifi Anda hanya mendukung frekuensi 2.4GHz, itu berarti Anda hanya mendukung single band. Anda perlu mengganti router wifi jika ingin koneksi internet yang lebih cepat.

Ada banyak keuntungan dengan mengganti router Anda dengan router baru yang lebih canggih, yang bisa jadi merupakan investasi untuk mendapatkan akses internet wifi yang lebih cepat. Router baru dengan fitur canggih dapat meningkatkan keamanan jaringan wifi dan kompatibel dengan lebih banyak perangkat serta mempunyai jangkauan konektivitas yang lebih luas.

7. Mengatur Keamanan Wifi

Pastikan untuk menerapkan langkah-langkah keamanan saat pertama kali mengatur router. Lindungi wifi Anda dengan password yang kuat dan tidak mudah ditebak serta jangan lupa sering-seringlah untuk mengganti password. Hal ini untuk menghindarkan orang lain memakai wifi Anda tanpa sepengetahuan Anda yang bisa memperlambat kecepatan wifi.

8. Pilih Frekuensi Wifi

Pastikan Anda telah mengonfigurasi wifi untuk kinerja optimal. Sebagian besar router wifi saat ini mendukung dua frekuensi, yaitu 2.4GHz dan 5GHz. Frekuensi 2.4GHz cenderung mempunyai jangkauan lebih luas tetapi lebih ramai daripada frekuensi 5GHz, karena digunakan oleh lebih banyak jenis perangkat. Frekuensi 5GHz memiliki kecepatan data yang lebih cepat tetapi jangkauannya tidak terlalu jauh. Coba alihkan perangkat yang membutuhkan kecepatan data lebih tinggi ke frekuensi 5GHz untuk membantu mempercepat koneksi wifi.

5GHz tidak hanya menawarkan koneksi yang lebih cepat, tetapi juga memiliki  lebih sedikit gangguan dari jaringan dan perangkat nirkabel lainnya, karena frekuensi 5GHz tidak seperti yang biasa digunakan. Meskipun demikian, frekuensi 5GHz kurang bisa menangani penghalang dan jarak dengan cukup baik, sehingga tidak akan mencapai jarak sejauh sinyal 2,4GHz.

Pada saat Anda mengkonfigurasi router, maka secara otomatis mendeteksi saluran yang paling ramai dan menjadikannya default. Namun dengan adanya jaringan wifi lain yang berada di dekatnya bisa menurunkan kecepatan koneksi wifi.  Anda mungkin akan menemukan bahwa satu saluran digunakan oleh banyak  router sementara yang lain sepi.

Kecepatan wifi menurun mungkin merupakan akibat dari gangguan dari jaringan wifi lain yang berada di sekitarnya, sehingga semua perangkat bersaing untuk menggunakan saluran yang sama. Jadi Anda bisa meningkatkan kecepatan wifi dengan beralih ke frekuensi yang kurang sibuk.

mempercepat koneksi wifi (frekwensi)
mempercepat koneksi wifi (frekwensi)

9. Gunakan Repeater / Booster / Extender Wifi

Penguat wifi, repeater, dan ekstender pada dasarnya mempunyai fungsi sama untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan sinyal wifi. Secara sederhana, alat-alat tersebut akan menyerap sinyal wifi, memperkuatnya, dan memancarkannya lagi. Repeater yang bagus dapat diinstal dengan mudah dan cepat oleh siapa saja.

Penggunaan extender wifi mungkin tidak mempercepat koneksi, tetapi dapat meningkatkan kekuatan sinyal pada titik-titik tertentu di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router Anda berada di lantai pertama rumah, Anda bisa menambahkan extender wifi di lantai lain untuk meningkatkan kekuatan sinyal meskipun terhalang dengan dinding tebal atau struktur fisik lainnya yang dapat menghalangi sinyal wifi.

Cara Mempercepat Wifi Di PC / Laptop

1. Ubah DNS Server

Merubah pengaturan DNS (Domain Name System) pada komputer memungkinkan untuk meningkatkan koneksi internet Anda. Saat Anda menelusuri web, DNS berfungsi untuk menerjemahkan URL yang Anda ketikkan ke dalam alamat IP situs web agar halaman tersebut dapat dibuka dan diakses. Jika DNS dari ISP Anda lamban, maka bisa menghambat koneksi Internet. Anda bisa menggantinya dengan salah satu yang paling populer, yaitu Google Public DNS (8.8.8.8 atau 8.8.4.4).

mempercepat koneksi wifi (rubah DNS)
mempercepat koneksi wifi (rubah DNS)

2. Merubah Pengaturan QoS

Sistem operasi windows dilengkapi dengan alat Quality of Service (QoS) untuk membatasi jumlah bandwidth yang digunakan. Secara default, bandwidth untuk internet porsinya sekitar 80% sedangkan yang 20 % alokasi untuk update windows sendiri.

Anda bisa merubah pengaturan QoS dan mengalokasikan bandwitdh sehingga 100% unuk akses internet, sehingga meningkatkan kecepatan internet wifi Anda. Beberapa pengaturan QoS bahkan memungkinkan Anda untuk memprioritaskan aplikasi yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari.

pengaturan QoS
pengaturan QoS

3. Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD

Banyak masalah umum pada PC berbasis Windows dapat diatasi menggunakan Windows Command Prompt (CMD), termasuk menurunnya kecepatan internet dari biasanya. Dengan menggunakan metode sederhana melalui beberapa perintah khusus command prompt, maka bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kecepatan internet wifi Anda.

Untuk menjalankan perintah CMD dapat dilakukan dengan cara klik pada tombol Windows + R secara bersamaan di keyboard dan akan muncul kotak dialog Run atau juga dapat dengan cara lain yaitu dengan mengklik Menu Start Windows dan ketik run di bilah pencarian. Setelah kotak dialog Run muncul, ketik cmd dan tekan tombol OK. Di jendela cmd ini, Anda bisa mengetikkan perintah selanjutnya sesuai keperluan.

mempercepat koneksi wifi dengan CMD
mempercepat koneksi wifi dengan CMD

Cara mempercepat koneksi wifi dengan cmd dapat dilakukan dengan beberapa metode :

a. Perbarui Alamat IP

Banyak masalah dapat mempengaruhi alamat IP dan membuat penelusuran internet menjadi lambat. Hal ini bisa menjadi konflik IP atau bahkan masalah di server DHCP. Untungnya dalam banyak kasus, hanya dengan menyetel ulang alamat IP maka dapat memperbaiki masalah tersebut.

Anda dapat menggunakan dua perintah prompt untuk memutuskan koneksi dengan alamat IP saat ini dan kemudian memperbaruinya dengan cara :

  • Di jendela cmd tulis perintah ipconfig /release dan tekan Enter, maka akan muncul beberapa baris dan kolom teks.
  • Kemudian tulis ipconfig /renew dan tekan Enter lagi, maka alamat IP Anda akan diatur ulang dan semua yang menghambat kecepatan internet wifi yang mungkin terjadi karena masalah alamat IP dapat diselesaikan.

Intinya di sini adalah untuk memutuskan koneksi dan membuat koneksi baru.

perbarui alamat IP
perbarui alamat IP

b. Mengatur Ulang Cache DNS

Komputer windows akan menyimpan daftar situs web dan alamat IP yang pernah kita kunjungi dan menyimpannya dalam cache DNS, sehingga memudahkan untuk mengakses kembali di lain waktu.

Namun, semakin menumpuknya cache DNS dapat menyebabkan akses ke situs web menjadi lambat bahkan tidak bisa, meskipun mungkin tidak memperlambat kecepatan internet secara keseluruhan.

Untuk itu perlu mereset cache DNS yang akan menghapus semua data lama dan mengizinkan membuat entri baru sekaligus untuk meningkatkan kecepatan internet Anda. Untuk flush cache DNS dapat melakukan dengan cara mengetikkan ipconfig/flushdns di jendela command prompt kemudian tekan enter, maka Anda dapat melihat konfirmasi yang mengatakan bahwa flush cache DNS telah berhasil.

mengatur DNS
mengatur DNS 

Cara Mempercepat Wifi Di Android

1. Periksa Cache di Ponsel Android Anda

Saat ponsel android sudah terhubung ke wifi namun  kecepatan internetnya lambat maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa cache pada ponsel android. Seringkali, kecepatan wifi di smartphone menjadi lambat karena banyaknya cache pada memori ponsel setelah mengakses berbagai situs web dan mengunduh berbagai aplikasi. Oleh karena itu, Anda harus menghapus memori cache ponsel untuk meningkatkan kecepatan wifi.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Lihatlah daftar semua aplikasi yang telah Anda install pada ponsel dan pilih aplikasi mana yang penting dan mana yang tidak. Beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan cenderung menurunkan kinerja ponsel untuk meningkatkan kecepatan dan koneksi internet. Oleh karena itu, Anda harus menghapus  aplikasi-aplikasi yang tidak bermanfaat di ponsel. Setelah itu Anda dapat me refresh ponsel dengan membersihkan memori cache.  Langkah ini akan dapat meningkatkan kecepatan wifi di ponsel.

3. Aktifkan Text Mode di Browser

Anda dapat mencoba teknik sederhana ini untuk meningkatkan kecepatan wifi. Dengan mengaktifkan Text Mode pada browser maka saat searching internet hanya akan ditampilkan teks tanpa gambar yang akan meningkatkan kecepatan wifi di ponsel Anda. Untuk browser Google Chrome pada ponsel Android, Anda dapat menggunakan Text Mode Browser Extension untuk mengaktifkan mode teks dan menonaktifkan gambar di browser web. Hal ini akan berdampak signifikan pada peningkatan kecepatan wifi secara keseluruhan di ponsel Anda.

4. Pilih Browser Web Lebih Cepat untuk Ponsel Anda

Teknik lain yang mungkin untuk meningkatkan kecepatan wifi ponsel Anda lebih cepat adalah dengan menggunakan browser web yang lebih cepat untuk smartphone. Browser web memainkan peran utama dalam meningkatkan kecepatan keseluruhan koneksi internet di ponsel Anda. Ada beberapa browser web yang dapat meningkatkan kecepatan wifi secara optimal, seperti Opera Mini, UC Browser , Google Chrome dan masih banyak lagi.

WIFI ID GRATIS

5. Manfaatkan Aplikasi Android

Saat ini ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk meningkatkan kecepatan wifi di smartphone android. Anda dapat mengunduh dan menggunakannya untuk meningkatkan kecepatan internet di ponsel pintar Android Anda.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain :

a. WiFi – Mobile Network Speed

Aplikasi ini benar-benar berfungsi untuk meningkatkan wifi dan kecepatan jaringan seluler Anda secara real time. Dengan aplikasi ini Anda juga dapat menemukan jaringan wifi publik terbaik, membersihkan saluran wifi  dari kemungkinan beban dan gangguan jaringan, membandingkan kecepatan dan kualitas wifi untuk memilih jaringan terbaik, serta mengontrol biaya penggunan data agar tidak  melebihi kuota data Anda.

b. Internet Booster & Optimizer

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan internet wifi dan mengoptimalkan kinerja browser Anda.

Meskipun kecepatan internet Anda ditentukan oleh Internet Service Provider yang Anda gunakan tetapi ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan koneksi wifinya.

Internet Booster & Optimizer akan melakukan optimasi dan serangkaian perintah secara otomatis yang akan memprioritaskan dan memastikan browser Anda beroperasi secara maksimal untuk meningkatkan kecepatan internet dari ISP.

Aplikasi ini secara otomatis akan membersihkan RAM ponsel, membersihkan cache, dan menjeda proses yang tidak perlu.

c. Connection Stabilizer Booster

Berfungsi pada ponsel android yang di root maupun tidak di root, aplikasi ini akan memastikan bahwa koneksi internet wifi Anda sempurna dan stabil.

Connection Stabilizer Booster adalah aplikasi untuk menstabilkan koneksi data seluler terbaik, menyambung ulang, dan memacu kecepatan untuk jaringan 2G GPRS, EDGE, 3G, 4G, dan jaringan wifi.

Dilengkapi dengan berbagai  fitur menarik, aplikasi ini dapat memberikan konektivitas internet seluler yang stabil. Fitur penyambung ulang aktif secara otomatis akan memonitor dan menyambungkan ulang ke koneksi internet 2G GPRS, 3G, atau 4G LTE segera setelah terputus dan mempertahankan koneksi data aktif terus.

d. Network Signal Booster

Network Signal Booster adalah aplikasi penguat sinyal yang membantu Anda meningkatkan sinyal seluler dan koneksi jaringan wifi.

Dengan antarmuka pengguna yang sederhana yang sangat ramah pengguna, aplikasi ini secara instan meningkatkan koneksi internet wifi dan Anda dapat menikmati streaming film atau klip video pada aplikasi atau browser tanpa buffering.

Aplikasi penguat sinyal ini menggunakan konfigurasi terbaru untuk meningkatkan kekuatan resepsi sinyal Anda.

Network Signal Booster berfungsi menyegarkan koneksi internet Anda dengan terlebih dahulu  mematikannya untuk sementara dan kemudian menyalakannya kembali sehingga Anda dapat menikmati koneksi internet wifi yang lebih cepat.

6. Periksa Layanan ISP Anda

Cara mempercepat koneksi wifi terakhir adalah dengan memeriksa layanan ISP Anda. Kemungkinan ada gangguan dan masalah pada jaringan dari provider Anda yang mengakibatkan lemotnya kecepatan internet wifi.

Jika semua cara yang dijelaskan di atas tidak menghasilkan perbedaan pada kecepatan internet Anda, maka Anda harus menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk memperbaikinya.

Memiliki koneksi internet yang lambat bisa membuat frustasi, dan kadang-kadang masalah di balik ini bisa sangat sepele. Oleh karena itu, mengetahui cara mempercepat koneksi internet wifi sangat penting untuk menambah kenyamanan Anda berselancar di dunia maya.

Demikian pembahasan Rock Away Summer mengenai 18 cara mempercepat koneksi wifi di android dan laptop. Semoga bemanfaat.

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *