Sirkuma Kemenag Aplikasi Digital Offline

 189 total views

Sirkuma Kemenag Aplikasi Digital OfflineMendapatkan nilai akhir semester adalah hak setiap mahasiswa, karena nilainya bisa dilihat dalam bentuk buku. Sayangnya, selama pandemi Covid-19, sekolah masih menerapkan sistem online. Lalu bagaimana dengan raport yang bisa dibagikan setelah ujian semester selesai? Penggantinya adalah aplikasi rapor digital yang kini banyak digunakan di beberapa jenis pendidikan di Indonesia.

Adanya aplikasi ini sangat membantu kita semua mengurangi kontak fisik, sehingga orang tua dan juga siswa tidak perlu lagi mengambil raport di sekolah. Cukup menggunakan aplikasi raport tergantung aplikasi yang digunakan masing-masing sekolah. Di bawah ini adalah review Sirkuma Kemenag untuk aplikasi digital offline.

Sirkuma Kemenag Aplikasi Digital Offline

Tidak sembarang aplikasi bisa kita unduh, Anda orang tua atau juga siswa pasti tahu aplikasi apa saja yang kita gunakan di sekolah. Dengan begitu kamu bisa langsung mengetahui berapa nilai semester akhir hanya dengan mendownload dan juga login melalui aplikasi tersebut. Berikut beberapa aplikasi rapor digital (ARD) terbaik yang banyak digunakan di berbagai sekolah dan kelebihannya, antara lain:

Aplikasi Rapor Digital dari Kementerian Agama

Buah dari upaya Kementerian Agama membuat aplikasi yang dapat diakses oleh semua pihak yang berkepentingan dengan pendidikan Madrasah. Bentuk dari aplikasi ini adalah website Circuma yang dapat diakses selama terkoneksi dengan internet. Jika ingin mengakses situs ini secara offline, maka harus diakses di sekolah-sekolah dengan server pusat dari Kementerian Agama. Sedangkan akses online dapat dilakukan dimana saja dengan mengunjungi situs tersebut.

Related Post :   Cara Mengubah JPEG ke PDF dengan Mudah di HP Maupun PC

Aplikasi Raport Digital Raudhatul Athfal

Aplikasi yang dibuat untuk anak PAUD yang sudah ada sejak tahun 2019 menggunakan sistem XAMPP. Disingkat juga dengan ADIRA, kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah diakses di OS apapun. Tidak hanya online, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

Ada dua cara untuk mengakses aplikasi raport digital ini, yang pertama terhubung langsung ke website Kementerian Agama. Dengan begitu Anda bisa mengaksesnya secara offline. Namun jika ingin mengaksesnya secara online, bisa seperti biasa, cukup masuk melalui aplikasi yang sudah diunduh.

Aplikasi Rapor Digital Madrasah Ibtidaiyah

Pendidikan setara SD yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) berada di bawah Kementerian Agama dan mengeluarkan aplikasi khusus untuk ARD MI. Kelebihan dari aplikasi ini juga dapat diakses secara offline. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, siswa harus mendownload terlebih dahulu sesuai dengan tingkatan kelas.

Kemudian Anda harus mendaftar menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda. Setelah masuk ke situs, Anda akan langsung melihat panduan mudah untuk melihat nilai rapor pribadi siswa. Untuk siswa pada level ini sebaiknya dibantu oleh orang tua untuk mengaksesnya dengan lebih mudah.

Aplikasi Rapor Digital Madrasah Aliyah

Untuk jenjang sederajat SMA atau Madrasah Aliyah, Kementerian Agama membuat aplikasi ini. Untuk menggunakannya, Anda harus memasukkan validasi terlebih dahulu atau tautan ARD. Tentu fitur yang dihadirkan berbeda untuk level MI atau RA di atasnya. Kelebihan dari aplikasi raport digital ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan tentang raport tetapi juga nilai harian siswa.

Bahkan untuk menginformasikan nilai yang berada di luar mata pelajaran formal. Proses validasi akan dikirim melalui email saat pendaftaran dan masukkan username dan password Anda. Kemudian siswa akan langsung masuk ke akunnya dan melihat daftar nilai di berbagai bidang.

Related Post :   Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2022

Aplikasi Rapor Digital Madrasah Tsanawiyah

Aplikasi yang digunakan untuk pendidikan di tingkat SMP atau MTs. Aplikasi ini sama dengan ARD lainnya dan dapat diakses secara online dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Bisa juga diakses secara offline melalui website utama Kementerian Agama. Fitur yang diberikan hampir sama dengan MA dan disesuaikan dengan mata pelajaran utama maupun di luar mata pelajaran tersebut. Kelebihan dari aplikasi ini tidak hanya akhir semester tetapi juga banyak penilaian lain di dalamnya.

Demikian ulasan tentang, Sirkuma Kemenag Aplikasi Digital Offline. semoga bermanfaat.