Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Bebas Takut Aktivasi Failed, Ini Cara Aktivasi Office 2016 dengan Mudah

4 min read

Cara Aktivasi Office 2016

Microsoft Office menjadi salah satu software yang cukup penting dan akan sangat membantu dalam hal yang berkaitan dengan dokumen, terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan perkantoran. Namun sangat disayangkan ternyata banyak yang belum memahami  tahapan dan cara aktivasi Office 2016 baik pada perangkat PC laptop maupun komputer. Padahal aktivasi Office sebenarnya mudah saja.

Jika Anda sudah menginstal Office tanpa melakukan aktivasi maka semua produk Microsoft Office nantinya tidak bisa digunakan untuk mengolah dokumen. Cukup berbeda dengan seri sebelumnya Office 2016 justru menawarkan berbagai macam layanan sekaligus fitur yang akan membantu dalam pembuatan dokumen dan lainnya.

Jika Anda tidak melakukan aktivasi maka fitur tersebut tidak bisa digunakan, termasuk juga untuk edit dan menyimpan perubahan dokumen. Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa khawatir pasalnya di bawah ini ada beberapa cara untuk melakukan aktivasi Office 2016.

Langsung saja simak ulasan lengkap RockAwaySummer berikut ini:


Cara Aktivasi Office 2016 Secara Permanen

Pada dasarnya ada beberapa cara atau metode yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan aplikasi Ms Office 2016 secara permanen pada perangkat PC dan laptop yang sudah didukung dengan sistem Windows 10, Windows 7 dan Windows 8/8.1.

Salah satu cara untuk aktivasi Office 2016 ada dengan memakai product key yang resmi berasal dari Microsoft atau juga dengan bantuan software activator. Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki product key, maka bisa dengan mudah melakukan cara aktivasi Office 2016 tanpa aplikasi.

Pada metode pertama ini Anda diharuskan untuk mempunyai product key yang berasal dari Microsoft Office 2016. Jadi pastikan juga Anda sudah memasang software Microsoft Office 2016 versi retail pada komputer maupun laptop. Berikut cara lengkap aktivasi Office 2016 tanpa menggunakan aplikasi.

  • Buka program Microsoft Office bisa apa saja baik itu Word, Powerpoint dan Excel
  • Klik opsi tombol Activate
  • Klik opsi tombol Enter Product Key
  • Ketikkan 25 angka atau digit product key yang sudah Anda miliki sebelumnya
  • Klik opsi tombol Continue
  • Selanjutnya Anda bisa pilih opsi tombol Redeem Online
  • Login dengan akun Microsoft (Jika belum memiliki akun maka bisa membuat akun terlebih dahulu)
  • Terakhir klik opsi tombol Finish Activation.

Ketika Anda sudah melakukan beberapa cara yang sudah ada di atas maka bisa dikatakan jika aktivasi Office 2016 pun telah berhasil. Dengan begitu maka nantinya product key yang sudah Anda masukkan akan terhubung pada akun Microsoft. Bagaimana cukup mudah bukan? Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa adanya aplikasi.


Cara Aktivasi Office 2016 dengan Bantuan Aplikasi KMSpico

Jika sebelumnya Anda melakukan aktivasi Office 2016 tanpa bantuan aplikasi karena sudah memiliki product key Office resmi. Maka cara yang kedua ini bisa menjadi alternatif berikutnya, terutama jika Anda tidak memiliki product key resmi.

Caranya yakni dengan menggunakan bantuan dari aplikasi KMSpico. Aplikasi ini merupakan sebuah software activator untuk Office seri 2016. Bahkan pemakaian KMSpico sudah cukup populer pada para pengguna Office 2016. Anda akan lebih mudah melakukan aktivasi meskipun tidak memiliki product key. Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

  • Download aplikasi terlebih dahulu pada beberapa situs atau link
  • Ekstrak file yang sebelumnya sudah Anda unduh
  • Klik kanan pada KMSPico.exe kemudian pilih opsi Run as administrator
  • Jika sudah maka proses aktivasi Office 2016 akan segera berjalan
  • Tunggu hingga proses aktivasi selesai
  • Apabila aplikasi KMSPico menutup, maka secara otomatis Microsoft Office pun telah aktif
  • Aktivasi berhasil.

Metode yang satu ini menjadi salah satu cara paling simpel dan sederhana. Bahkan waktu yang dibutuhkan cukup singkat sehingga lebih efisien. Hanya dengan bantuan satu aplikasi saja Anda sudah bisa melakukan aktivasi Office 2016 gratis dan permanen. Bagaimana cukup menguntungkan bukan?


Aktivasi Microsoft Office 2016 via KMS 2019

Selain menggunakan bantuan aplikasi di atas, Anda tetap bisa melakukan aktivasi Office seri 2016 dengan bantuan activator lainnya yakni KMS 2019. Cara ketiga ini bisa Anda gunakan jika beberapa cara sebelumnya belum berhasil.

Sama halnya dengan menggunakan aplikasi KMSPico, activator KMS juga menjadi metode yang tergolong memberikan kemudahan bagi para penggunanya dan telah terbukti mampu mengatasi peringatan dari product product activation failed yang ada di Office 2016 serta di beberapa versi lainnya. Jadi sekalipun Anda tidak menggunakan Office 2016 tetap bisa tahapan yang ada di bawah ini:

  • Pertama, download aktivasi Office 2016 dulu pada beberapa situs yang menyediakan
  • Jika proses download sudah selesai lakukan ekstrak file tersebut
  • Klik kanan pada file OInstall.exe kemudian Anda bisa memilih pilih opsi Run as administrator
  • Masuk pada bagian tab menu Utilities yang ada di atas
  • Centang pada bagian checkbox Office reactivation task
  • Jika sudah klik tombol Office RETAIL lalu VL
  • Tunggu sampai proses akan menampilkan pesan Completed
  • Kemudian klik tombol Activate Office
  • Ketika sudah muncul Windows Security Alert, Anda bisa memilih Allow access.

Ketika kotak yang ada di bagian keterangan nantinya akan menampilkan pesan Product activation sudah successful atau sukses, maka proses aktivasi Microsoft Office 2016 telah berhasil Anda lakukan. Selain produk Office 2016, Anda pun dapat menggunakan cara dan metode aktivasi Office 2016 ini pada semua versi Office termasuk Office 2013 dan 2019.


Aktivasi Microsoft Office 2016 dengan Aplikasi KMS Auto Lite

Sama halnya dengan cara aktivasi Office 2016 sebelumnya kali ini Anda juga akan menggunakan aplikasi KMS yakni KMS Auto Lite. Aplikasi ini menjadi salah satu software yang mana mampu melakukan aktivasi Microsoft Office 2016 dengan mudah sekaligus permanen.

 Meskipun ukuran yang dibawakan pada software relatif kecil yakni hanya 3 MB saja, namun fungsi dari aplikasi akan sangat bermanfaat dalam membantu Anda. KMS Auto Life juga sudah terbukti ampuh. Berikut cara lengkapnya!

  • Unduh aplikasi KMSAuto pada situs web yang menyediakan
  • Extract file RAR yang sudah terunduh
  • Jalankan software dengan klik opsi pilihan Run as administrator
  • Ketika software sudah terbuka, klik tab menu Tools
  • Centang pada kotak Convert Office 2010/2013/2016 kemudian RETAIL => VL
  • Di bagian main window Anda bisa memilih opsi Install GVLK serta lakukan centang Forcibly
  • Jika sudah klik opsi tombol Office key
  • Tunggu sampai muncul pesan KEY INSTALLED SUCCESSFUL.
  • Jika sudah terakhir klik opsi tombol Activate Office.

Jika pesan yang ada di kotak keterangan sudah ACTIVATION SUCCESSFUL, maka bisa dikatakan jika Microsoft Office 2016 telah berhasil di aktivasi. Software ini bahkan mampu digunakan untuk melakukan aktivasi secara permanen.

Catatan kecil pastikan anda memakai software yang sesuai pada spesifikasi laptop maupun komputer. Apabila Anda memakai windows 64 bit, maka bisa menggunakan aplikasi activator 64 bit juga.


Mengenal Beberapa Fitur Microsoft 2016

Setelah Anda berhasil melakukan aktivasi Office 2016, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa jenis fitur yang ada di dalamnya. Office 2016 kini justru semakin powerful apabila digunakan pada komputer yang sudah terkoneksi internet. Smart Lookup, contohnya yang menjadi fitur dengan fungsi mirip asisten digital. Fitur ini akan membantu mencari informasi yang ada di internet tanpa harus membuka browser.

Dengan koneksi internet yang ada maka Anda bisa dengan mudah melakukan kolaborasi bersama orang lain mengedit dokumen. Apabila nantinya ada yang melakukan kesalahan, saat itu pula kesalahan tersebut dapat langsung diperbaiki supervisor maupun rekan kerja yang tengah mengedit dokumen sama.

Fitur satu ini biasanya dikenal dengan nama fitur Co-Authoring. Di Microsoft Office pada seri yang 2013 fitur ini bahkan juga sudah ada. Hanya saja memang lebih canggih lagi ketika  kemampuannya ditingkatkan pada Microsoft Office seri yang ke 2016.

Berbagi file dengan orang lain kini terasa lebih mudah asalkan memang Anda telah mempunyai akun untuk One Drive. Di dalam Microsoft Office versi yang ke 2016 disajikan dengan tombol Share. Fungsi dari tombol tersebut adalah untuk membagikan file yang telah selesai diedit maupun file yang masih dalam proses ke orang lain lewat akun One Drive.

Bukan hanya itu saja ya, ketika menggunakan Microsoft 2016 Anda bisa dengan mudah menyertakan pesan yang berkaitan dengan file lewat kolom pesan di kotak dialog yang sudah tersedia.

Siapa saja kini bisa menerima file milik Anda dan mereka bisa mengedit bahkan juga membaca saja. Hal ini biasanya akan bergantung dengan hak akses yang sebelumnya Anda berikan kepada para pengguna lainnya atau si penerima.

Bagi Anda yang kesulitan aktivasi Office 2016 maka bisa menggunakan beberapa cara yang ada di atas. Dengan begitu maka Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika tiba-tiba aktivasi Office tidak berlaku dan tidak bisa digunakan untuk mengedit dan lainnya. Semoga bermanfaat!

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *