Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Mengenal WhatsApp Web, Media Chatting yang Lebih Menarik

5 min read

Mengenal WhatsApp Web

Bisa dikatakan jika WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Selain mudah dan memiliki tampilan yang sangat menarik, WhatsApp juga menghadirkan beragam fitur yang cukup lengkap, mulai dari sticker, dark mode, hingga adanya WhatsApp web.

Nah, fitur WhatsAppWeb adalah versi WhatsApp yang bisa diakses via PC. Fitur bermanfaat ini termasuk yang belum terlalu dikenal. Pada artikel ini, Rockawaysummer akan membahasnya secara lengkap untukmu.

Jika Anda membuka aplikasi WhatsApp, maka Anda bisa menemukan fitur WhatsApp web di laman setting. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan akses pada pengguna untuk menggunakan WhatsApp melalui desktop. Tentu, fitur ini akan sangat membantu terutama untuk mereka yang bekerja sebagai frontline.


Fungsi WhatsApp Web Messenger

Sebagaimana disinggung di awal, versi web pada WhatsApp ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka WhatsApp setelah melakukan sinkronisasi dari smartphone ke desktop menggunakan browser. Dengan demikian, WhatsApp akan bisa dibuka dengan lancar menggunakan komputer.

Fitur ini tentu saja sangat berguna, terutama untuk Anda yang memang menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau laptop, terutama untuk urusan pekerjaan. Tentu, untuk mereka yang terbiasa mengetik menggunakan laptop, fitur WhatsApp web ini tentu akan semakin memudahkan mereka dalam menjawab setiap pesan yang masuk.


Kelebihan Menggunakan Apps WhatsApp Web

Ada beberapa kelebihan dari fitur WhatsApp web yang tentu saja bisa menjadi alasan kenapa Anda menggunakannya –selain menggunakan versi aplikasi smartphone.

Beberapa kelebihan dari WhatsApp web diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menghemat Waktu

Untuk Anda yang memang memiliki pekerjaan yang lebih banyak di depan layar komputer atau laptop, seperti membuat dokumen, mengetik, dan lainnya, fitur WhatsApp web akan membuat Anda bisa menghemat banyak waktu.

Dengan fitur ini, Anda tentu tidak perlu repot membuka smartphone untuk menjawab pesan yang masuk.

  • Mengetik Lebih Cepat

Mengetik menggunakan keyboard laptop atau komputer memang cenderung lebih mudah dan lebih cepat, terutama untuk mengetik pesan yang cenderung panjang.

Oleh karenanya, WhatsApp web akan cenderung menguntungkan untuk Anda yang memang harus menjawab pesan yang masuk dengan detail, seperti pada CS dan frontliner.

  • Mudah Mengirim File Dari Komputer

Terkadang, Anda harus mengirim file yang tersimpan di komputer melalui WhatsApp karena alasan efisiensi. Nah, dengan menggunakan WhatsApp web, mengirim file dari komputer bisa dilakukan secara langsung.

Anda tidak harus memindah file ke smartphone sebelum mengirimkannya.

Tentu, masih ada cukup banyak kelebihan dari penggunaan WhatsApp web yang bisa Anda dapatkan. Dengan kelebihannya tersebut, tentu WhatsApp web bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memudahkan komunikasi melalui media chatting.


Kekurangan WhatsApp Web

Selain memiliki beberapa kelebihan, WhatsApp web memiliki beberapa kekurangan yang juga harus diketahui. Kekurangan ini nantinya bisa menjadi gambaran bagaimana Anda bisa menggunakan versi website dari WhatsApp ini dengan lebih baik.

Adapun beberapa kekurangan WhatsApp web diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bergantung pada Smartphone

Meskipun dibuka dengan menggunakan website, namun WhatsApp web tetap bergantung pada smartphone.

Artinya, Anda tetap harus memiliki aplikasi WhatsApp di smartphone yang digunakan dan apa yang terjadi di smartphone akan berpengaruh pada layanan WhatsApp web.

  • Tetap Menguras Daya Baterai Smartphone

Karena tetap membutuhkan sambungan pada smartphone, maka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone tetap akan berjalan seperti biasanya.

Hal inilah yang tentu akan membuat daya smartphone tetap terpakai dan terkuras selama fitur WhatsApp web berjalan

  • Jaringan Internet Harus Stabil

Sebagaimana disinggung sebelumnya, apa yang terjadi pada smartphone akan berpengaruh pada koneksi website, termasuk terkait jaringan.

Jika salah satu device kehilangan jaringan, maka WhatsApp web tidak akan bisa diakses dengan baik dan lancar

  • Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Panggilan adalah salah satu fitur utama WhatsApp. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia untuk versi WhatsApp web. Ya, tidak ada fitur panggilan, baik panggilan suara ataupun panggilan video.

Adanya beberapa kekurangan ini tentu juga bisa menjadi gambaran yang lebih lengkap terkait WhatsApp web. Namun, bisa jadi, ada pembaruan di kemudian hari yang melengkapi kekurangan yang ada pada WhatsApp versi web tersebut.


Cara Menggunakan WhatsApp Web

Untuk menggunakan WhatsApp web, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Fitur Bawaan WhatsApp Web

Tidak harus melakukan download WhatsApp web, Anda bisa menggunakan fitur ini menggunakan bawaan dari aplikasi WhatsApp di smartphone. Cara ini tentu saja sangat mudah, ringan dan juga cepat.

Untuk menggunakan cara ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Buka browser menggunakan laptop atau komputer lalu kunjungi website WhatsApp.

  • Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp yang ada pada smartphone Anda, kemudian klik icon menu titik tiga yang ada di bagian pojok atas aplikasi

  • Pilih WhatsApp web lalu tap icon +

  • Selanjutnya, akan ada perintah untuk scan Barcode yang tampil pada App web. Arahkan kamera smartphone untuk melakukan scanning tersebut sebagai langkah sinkronisasi

  • Tunggu beberapa saat dan WhatsApp web akan terbuka secara otomatis setelah scanning barcode tersebut berhasil.

  • Menggunakan Aplikasi WhatsApp Desktop

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuka WhatsApp web adalah menggunakan aplikasi WhatsApp desktop. Saat ini sudah ada versi aplikasi WhatsApp web for android dan juga untuk iOS.

Nah, Anda bisa mencari WhatsApp web apk melalui search engine lalu mengunduh dan melakukan instalasi sebagaimana biasanya. Cara ini cukup mudah dan tidak memerlukan langkah yang susah.

Ada keuntungan jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp desktop tersebut. Salah satu keuntungannya adalah Anda tidak perlu melakukan login setiap kali akan menggunakannya karena login tersimpan secara otomatis. Hanya saja, Anda harus memastikan jika aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda aktif.

Menggunakan WhatsApp Desktop Dari Microsoft

Jika Anda menggunakan OS Windows 10 pada laptop atau komputer, maka Anda bisa menggunakan WhatsApp desktop yang disediakan oleh Microsoft Store. Ya, ini adalah salah satu keunggulan Windows 10 di mana pengguna bisa menemukan versi desktop WhatsApp dengan lebih mudah.

Nah, native aplikasi dari Microsoft ini cenderung lebih ringan dibandingkan dengan versi aplikasi lainnya. Hal ini dikarenakan. WhatsApp web dari Microsoft memang dirancang khusus sesuai dengan sistem pada Windows 10.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan pencarian di Microsoft Store. Jika sudah mendapatkannya dan melakukan instalasi, Anda bisa login ke akun WhatsApp Anda dengan langkah yang mudah.

  • Menggunakan Emulator

Menggunakan emulator adalah opsi lain yang bisa Anda gunakan selain WhatsApp web scan. Cara ini cukup menarik, terutama untuk Anda yang memang ingin mencoba-coba. Emulator yang dipasang pada laptop atau komputer akan membuat device tersebut bekerja layaknya sebuah smartphone yang canggih.

Nah, jika Anda menggunakan cara yang satu ini, maka Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi WhatsApp pada smartphone. Bahkan, Anda pun bisa melakukan verifikasi menggunakan handphone zaman dulu yang belum memiliki OS.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa cara menggunakan WhatsApp web ini membutuhkan spesifikasi device komputer atau laptop yang cukup stabil. Hal ini dikarenakan emulator termasuk program yang cukup berat untuk dijalankan dan tidak menutup kemungkinan akan membuat perangkat Anda stuck atau keberatan saat menjalankannya.

Beberapa cara di atas tentu bisa menjadi pilihan bagaimana Anda bisa menggunakan WhatsApp web untuk menunjang komunikasi harian Anda. Dari beberapa cara tersebut, memang WhatsApp web for WhatsApp scan masih menjadi opsi yang paling banyak dipilih. Selain simple, cara yang satu ini pun cenderung lebih mudah dilakukan dengan beragam jenis perangkat desktop.

Aktivitas di WhatsApp Web

Secara umum, WhatsApp web akan berfungsi sebagaimana aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone yang Anda gunakan. Ya, dengan menggunakan versi WhatsApp web ini, Anda bisa melakukan chatting seperti biasa dengan sangat mudah. Hanya saja, ada beberapa perbedaan interface yang perlu diketahui.

Kontak pada WhatsApp web tersedia di bagian kiri layar. Umumnya, kontak akan langsung terlihat setelah Anda membuka WhatsApp web tersebut. Nah, klik kontak dan Anda langsung bisa mengawali sebuah percakapan.

Selanjutnya, jika Anda ingin mengirim file berupa video atau foto, klik tombol simbol peniti yang ada di samping opsi tombol titik tiga yang terletak di sebelah kanan atas. Dengan cara ini, Anda bisa memasukkan file yang ingin dikirim dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menyeret foto atau dokumen yang ingin dikirim ke kolom chat dan secara otomatis file akan langsung terkirim.

Hal lain yang perlu diketahui terkait aktivitas di WhatsApp web adalah update status. Dengan menggunakan WhatsApp web, maka Anda tidak bisa melakukan update status. Mungkin, fitur ini yang membuat beberapa pengguna WhatsApp web agak kecewa. Namun, Anda masih bisa melihat status dari kontak yang tersimpan. Klik simbol bulat di sebelah atas untuk melihat status kontak tersebut.

Cara Logout dari WhatsApp Web

Jika beberapa poin di atas membahas tentang cara login melalui WhatsApp web scanner dan cara lainnya, maka Anda sebaiknya juga harus mengetahui cara logout dari WhatsApp web tersebut. Ini adalah hal yang simple namun cukup krusial, terutama jika Anda meminjam laptop teman untuk login atau bahkan Anda login WhatsApp web di warung internet.

Tentu, dengan melakukan logout, maka data Anda akan cenderung lebih aman. Perlu diketahui bahwa WhatsApp web ini bisa menjadi salah satu cara melakukan penyadapan dari profile WhatsApp.

Nah, untuk melakukan logout dari WhatsApp web, Anda hanya perlu melakukan langkah yang cukup simple. Klik opsi titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas WhatsApp web. Kemudian, lihat opsi yang muncul. Cari opsi keluar dari semua komputer. Klik dan tunggu proses logout.

Adanya WhatsApp web memang menjadikan WhatsApp semakin diminati oleh pengguna sebagai pilihan aplikasi chatting. Tentu, bagi mereka yang bekerja dengan desktop, fitur ini akan sangat membantu.

Bisa saja, di beberapa waktu ke depan WhatsApp web akan melakukan upgrade untuk mengatasi masalah dan kekurangan yang ada untuk memuaskan pengguna. Jika Anda ingin menggunakan fitur yang satu ini, Anda bisa saja mencoba mengunduh aplikasi WhatsApp web dan menggunakannya sebagai perantara chatting dengan rekan, kerabat dan saudara. Semoga bermanfaat.

Yusuf Seorang akademisi yang mencintai dunia Bisnis & Teknologi dan menjadi Blogger semenjak Tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *